Upaya Tanpa Lelah untuk Biasakan Pedagang Jaga Kebersihan Pasar Tradisional

Kamis, 02 Februari 2023 - 20:39 WIB
loading...
Upaya Tanpa Lelah untuk Biasakan Pedagang Jaga Kebersihan Pasar Tradisional
Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP Pemuda Perindo Marendra dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Kamis (2/2/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Kebersihan merupakan hal yang penting. Tak hanya di lingkungan area rumah tapi juga pasar tadisional. Sebab ketika lingkungan pasar bersih, penjual dan pembeli juga akan merasa nyaman.

Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP Pemuda Perindo Marendra mengaku, tinggal di lingkungan Pasar Pramuka, Jakarta Timur. Awalnya dia merasa resah karena kesadaran pedagang di lingkungan pasar itu sangat rendah.

“Saya orangnya bawel banget. Saya menerapkan kebersihan, membuang sampah pada tempatnya jangan ke parit. Alhamdulillah sekarang sudah berubah,” ujar Marendra dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Kamis (2/2/2023).

Marendra mengatakan, dirinya tidak berhenti untuk memberikan masukan kepada para penjual di area pasar tempatnya tinggal untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Saya selalu bilang, jangan terlalu jorok walaupun ini pasar tradisional. Karena kalau pasar itu bersih, pembeli juga akan nyaman,” tuturnya.

Menurut Marendra, masyarakat yang kesadaran kebersihannya kurang harus selalu diberi masukan agar mereka bisa sadar. Hal itu yang terus ia lakukan hingga pasar tradisional di lingkungan rumahnya lebih bersih dari sebelumnya.

“Alhamdulillah pelan-pelan mereka ngerti setelah saya tegur. Sekarang saya lihat ada perubahan, (pasar) udah nggak bau,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)