Jalan ke Desa Wisata Akan Diperbaiki, Permudah Wisatawan saat Liburan

Jum'at, 03 Februari 2023 - 11:04 WIB
loading...
Jalan ke Desa Wisata Akan Diperbaiki, Permudah Wisatawan saat Liburan
Jalan ke sejumlah desa wisata di Indonesia akan diperbaiki untuk mempermudahkan wisatawan saat liburan. Langkah ini juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Foto/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Jalan ke sejumlah desa wisata di Indonesia akan diperbaiki untuk mempermudahkan wisatawan saat liburan. Langkah ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Air.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) nantinya akan bekerja sama dengan Kementerian PUPR, dan lembaga lainnya untuk memperbaiki jalan ke desa wisata.

"Perbaikan akses ke desa wisata, bahwa kita akan kolaborasi dengan semua Kementerian terkait. Seperti PUPR, desa untuk memberikan perbaikan ke desa-desa wisata," kata Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf R. Wisnu Sindhutrisno dalam ASEAN NTO's Media Briefing, ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di Jogjakarta pada Kamis, 2 Februari 2023.

Selain memperbaiki jalan, Kemenparekraf juga akan menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) di desa wisata.



"Itu jadi program unggulan kami," jejas Wisnu.

Berbeda dari sebelumnya, jumlah pendaftaran ADWI tahun ini menjadi 4000 desa. Selain itu, program tersebut telah memberikan capaian jumlah pendaftar desa wisata yang melebihi target yaitu sebanyak 1.831 di 2021 dan 3.419 pada 2022.

Pada kesempatan kali ini, ASEAN NTO’s Meeting membahas beberapa agenda. Mulai dari implementasi ASEAN Tourism Strategic Plan (ASTP) 2016-2025, Study to Develop a Framework on Sustainable Tourism Development in ASEAN Post-Covid 19 Era, ASEAN Tourism Marketing Strategy, hingga penyelenggaraan event seperti seminar investasi dan ASTA (ASEAN Sustainable Tourism Award) 2024.

National Tourism Organization (NTO) merupakan organisasi pariwisata nasional yang mewakili pemerintah di kawasan ASEAN. Dalam ATF 2023 ini, masing-masing negara di kawasan tersebut akan mempromosikan destinasi wisata unggulannya, guna memilihkan pariwisata di kawasan Asean setelah pandemi.



Selain The 57th ASEAN NTO’s Meeting akan ada pertemuan lainnya seperti The 22nd ASEAN Plus Three (China, Jepang, Korea) Minister's Meeting, The 10th ASEAN Plus India Minister's Meeting, dan The 2nd ASEAN Plus Russia Minister's Meeting yang akan digelar di Jogjakarta Marriot Hotel, Sabtu (4/2/2023).
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)