Mempertahankan Jati Diri dalam Bermusik Jadi Tantangan Para Musisi saat Ini

Jum'at, 03 Februari 2023 - 18:29 WIB
loading...
Mempertahankan Jati Diri dalam Bermusik Jadi Tantangan Para Musisi saat Ini
Ardhito Pramono dan Igditaf berbagi kisah pengalaman menjalani karier di industri musik Tanah Air. / Foto:Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Dua penyanyi idola muda, Ardhito Pramono dan Igditaf berbagi kisah pengalaman menjalani karier di industri musik Tanah Air. Bagi mereka berdua, tidaklah mudah mengawali karier sebagai penyanyi, terutama dari sisi idealisme dan kejujuran dalam berekspresi.

Dalam paparannya, Ardhito dan Igditaf menyampaikan berbagai pandangan, analisa, serta solusi terkait pengembangan industri musik demi melahirkan insight baru terhadap dunia hiburan Tanah Air.

Ardhito mengungkapkan bahwa kendala dirinya sebagai musisi selama ini adalah tidak leluasa mengekspresikan diri saat memproduksi sebuah lagu. Pasalnya, seorang musisi seringkali terusik pada komersial lagu dibandingkan kejujuran dalam berekspresi.

Baca juga: Gigi Bakal Tonjolkan Konsep 360 dalam Tur Konser Ulang Tahun di 5 Kota

Sebagai musisi profesional, Ardhito dihadapkan pada kebutuhan pasar dan ideologinya bermusik. Meski ingin membuat karya sesuai dengan keinginan, tetap harus dipertimbangkan laku dan tidak musik itu di khalayak.

"Kendala di industri musik sih sering banget kita. Gue sih sempet alamin, maksudnya dalam sebuah penulisan lagu yang kita ekspresikan bukan sebuah idealisme atau kekuasaan dalam menciptakan sebuah karya atau menulis sebuah karya, melainkan numbers," tutur Ardhito dalam diskusi Indonesia Entertainment Outlook 2023 di kawasan Bengkel SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

"Itu yang kadang-kadang akan mengganggu kinerja kita untuk mampu berpuluh-puluh kali gitu untuk memainkan lagu yang sebenarnya kita enggak suka dan nge-please bukan dirinya sendiri," lanjut penyanyi kelahiran Jakarta, 22 Mei 1995 ini.

Dia pun memberikan contoh saat dirinya berpura-pura memainkan genre musik rock, meski tidak menyukainya. Ardhito sendiri sangat menggemari musik jazz.

"Bersamaan dengan itu, gue bikin lagu jazz, Danilla muncul dan diterima. Oke nih, karena Danilla bisa, gue juga memberanikan diri," ungkapnya.

Kendati demikian, Ardhito sadar lagu-lagu jazz kala itu masih sulit diterima di banyak kalangan. Namun, persepsinya berubah ketika melihat debut album Danilla berjudul Telisik pada 2014.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)