Menulis Jurnal, Cara Zahwa Islami Atasi Bad Mood

Selasa, 07 Februari 2023 - 09:09 WIB
loading...
Menulis Jurnal, Cara Zahwa Islami Atasi Bad Mood
Zahwa Islami, content creator sekaligus mahasiswa magister psikologi profesi klinis Universitas Gadjah Mada punya cara sederhana namun ampuh untuk atasi suasana hati yang buruk. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Buddies, tiap orang pasti pernah punya momen saat suasana hati lagi buruk, sedih, atau marah. Kalau sudah seperti itu jadi malas melakukan kegiatan apapun yang produktif. Pokoknya merasa enggak bahagia. Bagaimana ya supaya kita bisa menghadapi momen bad mood tanpa harus terjadi berkepanjangan?

Zahwa Islami, content creator sekaligus mahasiswa magister psikologi profesi klinis Universitas Gadjah Mada punya cara sederhana namun ampuh untuk atasi suasana hati yang buruk. Influencer yang sering berbagi konten seputar kesehatan mental ini mengaku bukan orang yang nyaman menceritakan masalah pribadi ke orang lain.

“Merasa sedih, sendirian, dan bingung mau cerita sama siapa, aku sering banget kok ngalamin itu. Bahkan saat orang bilang kamu bisa kok cerita sama aku, kamu bisa kok cerita sama dia, kamu bisa kok cerita ke psikolog. Aku merasa sebaliknya,” jelas Zahwa.

Karena itu Zahwa memilih untuk menulis jurnal atau “journaling” untuk mengatasi bad mood. Kalau tertarik mencobanya, kamu cukup menyiapkan buku dan alat tulis Buddies. Lalu tulis curahan hatimu di buku ketika merasa sendirian dan ingin didengarkan.



“Ketika kita belum siap ceritakan masalah kita ke orang lain akan selalu ada buku yang akan selalu terima cerita kamu atau tulisan kamu apa adanya. Dia enggak bakal nge-judge,” ujarnya.

Tapi enggak cukup sampai di situ Buddies. Supaya suasana hati tetap terjaga, biasakan menulis hal-hal positif sebelum tidur. Menurut Zahwa cara ini bisa membuat kita lebih bersemangat.

“Di malam hari sebelum tidur coba kamu tulis lagi apa hal baik yang sudah kamu lakukan hari itu juga. Iya kita sedih, tapi kita juga ingat kalau kita punya kekuatan untuk bangkit lagi esok hari,” ungkap Zahwa.

Sebagai orang yang sulit curhat, menulis jurnal sangat efektif bagi Zahwa untuk menenangkan hati. “Itu ampuh banget buatku,” pungkasnya.

Mulai jadi content creator handal? Yuk mulai buat konten-mu di BuddyKu. Download di Appstore atau Playstore-mu sekarang!
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)