Ade Fitrie Kirana Imbau Peran Aktif Orang Tua untuk Tingkatkan Kesadaran Risiko Kanker pada Anak

Selasa, 07 Februari 2023 - 20:45 WIB
loading...
Ade Fitrie Kirana Imbau Peran Aktif Orang Tua untuk Tingkatkan Kesadaran Risiko Kanker pada Anak
Ketua Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak Ade Fitrie Kirana menyampaikan, kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan bagi anak-anak. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Jelang Hari Kanker Anak Sedunia atau International Childhood Cancer Day (ICCD) yang diperingati setiap tanggal 15 Februari, sejumlah tokoh masyarakat menyampaikan dukungan terhadap upaya-upaya peningkatan kesadaran tentang kanker anak.

Hari Kanker Anak diperingati di seluruh dunia dengan tujuan untuk menghilangkan rasa sakit sekaligus penderitaan anak-anak yang melawan kanker, juga untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker pada anak.

Ketua Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak (YPPA) Ade Fitrie Kirana menyampaikan, kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan bagi anak-anak.

"Kanker pada anak adalah masalah serius yang membutuhkan perhatian dan perawatan khusus," imbuh Ade Fitrie Kirana saat dihubungi pewarta belum lama ini.

Ia menambahkan, meskipun faktor risiko dan tanda-tanda dapat membantu memprediksi kemungkinan terkena kanker, pencegahan dan perawatan secepat mungkin adalah kunci untuk membantu anak yang menderita kanker.

Kanker pada anak adalah kondisi di mana sel-sel di dalam tubuh membelah dan berkembang secara tidak terkontrol, menyebabkan munculnya massa jaringan yang disebut tumor. Ada beberapa jenis kanker yang biasa terjadi pada anak, seperti leukemia, tumor otak, dan neuroblastoma.

Diagnosis dan perawatan kanker pada anak bisa sangat kompleks dan membutuhkan pendekatan multidisiplin, termasuk terapi medis, operasi, radiasi, dan terapi obat.

Artis yang terjun langsung menangani isu perlindungan perempuan dan anak ini menambahkan, sampai sekarang belum diketahui secara pasti faktor risiko dan penyebab kanker pada anak.

Mengutip keterangan dari Kementerian Kesehatan, kanker pada anak diduga merupakan interaksi dari 4 faktor yaitu genetik, zat kimia, virus, dan radiasi.

"Orang tua berperan penting untuk meningkatkan kesadaran risiko kanker pada anak yang dapat dilakukan sehari-hari, seperti memberikan pola makan sehat dan aktivitas fisik secara rutin, menghindari paparan zat kimia berbahaya, mendeteksi dan mengatasi infeksi secepat mungkin dan vaksinasi yang tepat waktu," ujarnya.

Ade Fitrie Kirana menyebut peran aktif orang tua dan keluarga dapat dilakukan dengan 'Cerdik'.

"Cerdik adalah akronim atau singkatan untuk cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok dengan menghindari paparan asap rokok pada anak, rajin aktifitas fisik, diet sehat dan seimbang, istirahat cukup, dan yang terakhir kelola stres," ujarnya.

"Bantuan serta dukungan dari keluarga dan profesional kesehatan juga sangat penting bagi anak dan orang tua saat mengatasi kanker," pungkas Ade Fitrie Kirana.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1528 seconds (0.1#10.140)