Apa yang Dirasakan Penderita Gagal Ginjal? Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai

Rabu, 08 Februari 2023 - 09:09 WIB
loading...
Apa yang Dirasakan Penderita Gagal Ginjal? Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai
Gagal ginjal merupakan kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gagal ginjal merupakan kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah.

Terdapat tanda fisik penyakit ginjal sebenarnya, tetapi orang yang menderita penyakit ini cenderung tidak mengalami gejala hingga keparahannya sudah tahap lanjut.

Penyebab gagal ginjal antara lain diabetes, tekanan darah tinggi, dan riwayat keluarga dengan gagal ginjal atau jika usia Anda di atas 60 tahun. Maka untuk mengantisipasinya, penting untuk Anda melakukan kontrol setiap tahun.

Secara umum gejala penyakit ginjal meliputi kelelahan, mual dan muntah, pembengkakan, perubahan frekuensi ke kamar mandi, dan brain fog. Berikut tanda-tanda penyakit gagal ginjal yang perlu diwaspadai, yang dirangkum dari sejumlah situs kesehatan.



1. Mudah Lelah, Kurang Berenergi atau Sulit Konsentrasi

Penurunan fungsi ginjal mengakibatkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Hal ini menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan sulit berkonsentrasi, serta memungkinkan anemia yang menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Kesulitan Tidur

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun akan tetap berada di dalam darah yang seharusnya keluar melalui urin. Hal ini menyebabkan penderita sulit tidur, serta erat kaitannya dengan obesitas, ginjal kronis, dan sleep apnea.

3. Kulit Kering dan Gatal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1915 seconds (0.1#10.140)