Apa yang Dirasakan Penderita Gagal Ginjal? Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai

Rabu, 08 Februari 2023 - 09:09 WIB
loading...
Apa yang Dirasakan Penderita Gagal Ginjal? Ini 7 Tanda yang Harus Diwaspadai
Gagal ginjal merupakan kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Gagal ginjal merupakan kondisi di mana salah satu atau kedua ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring limbah dari darah.

Terdapat tanda fisik penyakit ginjal sebenarnya, tetapi orang yang menderita penyakit ini cenderung tidak mengalami gejala hingga keparahannya sudah tahap lanjut.

Penyebab gagal ginjal antara lain diabetes, tekanan darah tinggi, dan riwayat keluarga dengan gagal ginjal atau jika usia Anda di atas 60 tahun. Maka untuk mengantisipasinya, penting untuk Anda melakukan kontrol setiap tahun.

Secara umum gejala penyakit ginjal meliputi kelelahan, mual dan muntah, pembengkakan, perubahan frekuensi ke kamar mandi, dan brain fog. Berikut tanda-tanda penyakit gagal ginjal yang perlu diwaspadai, yang dirangkum dari sejumlah situs kesehatan.



1. Mudah Lelah, Kurang Berenergi atau Sulit Konsentrasi

Penurunan fungsi ginjal mengakibatkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Hal ini menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan sulit berkonsentrasi, serta memungkinkan anemia yang menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Kesulitan Tidur

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun akan tetap berada di dalam darah yang seharusnya keluar melalui urin. Hal ini menyebabkan penderita sulit tidur, serta erat kaitannya dengan obesitas, ginjal kronis, dan sleep apnea.

3. Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering serta gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang karena sering menyertai gagal ginjal lanjut. Hal itu terjadi ketika ginjal tidak lagi bisa menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat di dalam darah.

4. Buang Air Kecil Lebih Sering

Buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Hal ini terjadi ketika filter ginjal rusak dan menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil, yang bisa juga menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.



5. Terdapat Darah pada Urin

Ginjal yang sehat umumnya menjaga sel-sel darah tetap dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan urin. Ketika filter ginjal rusak, maka sel-sel darah mulai bocor ke dalam urin dan menjadi indikasi tumor, batu ginjal atau infeksi.

6. Urin Berbusa

Gelembung berlebihan dalam urin menjadi indikasi adanya protein di dalam air seni.

7. Bengkak di Sekitar Mata

Protein dalam urin menjadi tanda awal dari filter ginjal rusak, sehingga protein bocor ke dalam urin. Bengkak di sekitar mata berarti ginjal Anda mengeluarkan sejumlah protein dalam air seni yang seharusnya berada di dalam tubuh. MG/Rizky Annisa Sabrina
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)