alexa snippet

Pendatang Baru yang Menjanjikan

Pendatang Baru yang Menjanjikan
.
A+ A-
Bisnis agen travel atau perjalanan memang diprediksi tidak akan pernah sepi. Alasannya mudah saja, karena semua orang pasti akan atau ingin melakukan perjalanan entah untuk keperluan bisnis atau wisata.

Startup di bidang travel online pun ikut bermunculan dengan beragam jenis paket perjalanan. Kendati segmen ini terbilang cukup ramai, nyatanya masih banyak startup online travel baru yang bermunculan. Salah satunya Hulaa.com. PT Hulaa Travel Indonesia atau yang lebih dikenal Hulaa.com berdiri sejak Mei 2014 dan resmi mulai memberikan produk layanan penerbangan dan hotel pada 18 Maret 2015.

Pendirinya adalah Maria Suzanna Roesli bersama salah satu rekannya yang rupanya sama-sama pernah bekerja di salah satu startup dan memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri. “Harus diakui bahwa online travel di Indonesia memang sudah banyak sekali. Tapi menurut saya travel di tanah air itu pasarnya pun masih luas. Sebanding dengn banyaknya destinasi wisata di Indonesia. Travel juga sudah menjadi kebutuhan utama setelah sandang, pangan, dan papan sehingga saya optimistis Hulaa.com dapat diterima dan bersaing dengan kompetitor lainnya,” tutur Maria yang juga menyebut bahwa hobinya jalan-jalan juga menjadi alasan mendirikan online travel.

Layanan utama yang diberikan oleh Hulaa.com tidak berbeda dengan kebanyakan online travel lainnya. Yakni booking penerbangan dan hotel. Kendati masih terbilang baru beberapa bulan berdiri, tapi maskapai penerbangan dan hotel yang bermitra dengan Hulaa.com sudah cukup banyak.

”Saat ini kita sudah memiliki 150 ribu user dan melayani 13 maskapai penerbangan dan 19 ribu hotel. Kendati saat ini layanannya baru berfokus di dalam negeri, tapi sudah ada beberapa pilihan untuk destinasi luar negeri,” ungkap Maria. Keberhasilan menggandeng banyak maskapai penerbangan dan hotel, menurut Maria, berkat kerjasama dengan Bayu Buana Travel yang merupakan salah satu pionir agen perjalanan di tanah air.

Pihak Bayu Buana lah yang membukakan pintu bagi Hulaa.com untuk bermitra dengan maskapai penerbangan dan hotel. Meski, operasional dan pengembangan Hulaa.com tetap dijalankan oleh tim internal. Maria sadar bahwa online travel di Indonesia banyak sekali. Oleh karena itu penting sekali untuk menghadirkan program yang menarik minat konsumen.

“Jadi kita bikin lomba menulis soal salah satu destinasi wisata, nah mereka yang terpilih sebagai pemenang akan dibiayai penerbangan dan hotelnya. Selain itu kita juga bermitra dengan beberapa brand, salah satunya Groupon untuk menghadirkan diskon yang dapat dipergunakan di Hulaa.com,” jelas Maria. Tidak hanya itu, Hulaa.com juga memberikan layanan refund yang dapat diterima oleh konsumen hanya dalam waktu 3 hari.

Proses refund umumnya memakan waktu hingga sebulan. Namun Hulaa.com akan menalangi biaya refund tersebut sehingga konsumen dapat lebih cepat menerimanya. Ditanya soal profit yang diperoleh oleh Hulaa.com melalui layanannya Maria menuturkan bahwa sistemnya tidak berbeda dengan online travel lainnya yakni lewat sistem komisi.

Ke depannya, Maria menuturkan, Hulaa.com akan terus mempermudah booking penerbangan dan hotel serta memberikan promo-promo yang menarik konsumen untuk menggunakan layanannya.

“Kami juga masih ingin mempelajari tingkah laku konsumen untuk menciptakan sebuah smart tool yang dapat memberikan info mengenai waktu penjualan tiket promo biasanya dibuka dan waktu yang paling sering dipilih untuk perjalanan,” tambah Maria.

Cahyandaru kuncorojati



(ars)
loading gif
Top