Asap Rokok yang Menempel di Baju Bisa Sebabkan Anak Alami Pneumonia hingga Kanker

Senin, 13 Februari 2023 - 13:35 WIB
loading...
Asap Rokok yang Menempel di Baju Bisa Sebabkan Anak Alami Pneumonia hingga Kanker
Asap rokok yang menempel di baju bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anak. Tak tanggung-tanggung, ini bisa menyebabkan pneumonia hingga kanker. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Asap rokok yang menempel di baju bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anak . Tak tanggung-tanggung, kebiasaan ini bisa menyebabkan pneumonia hingga kanker .

Dokter Spesialis Paru dr Agus Dwi Susanto mengatakan bahwa asap rokok bisa membahayakan mereka yang tidak merokok. Sebab, asap akan menempel di lingkungan, seperti baju, sofa, tirai, hingga dinding.

"Kasus seperti ini disebut third hand smoke," kata dr Agus kepada MNC Portal Indonesia, Senin (13/2/2023).

"Nah, kandungan pada asap rokok yang menempel di tempat-tempat itu masih dapat terhirup oleh orang sekitar, meski si perokok sudah pergi dari tempatnya merokok," sambungnya.





Asap rokok, dijelaskan dr Agus mengandung nikotin yang bisa terhirup oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius hingga menyebabkan kematian.

"Kandungan nikotin dan bahan-bahan berbahaya di asap rokok dapat dihirup orang sekitar, termasuk anak," jelas dr Agus.

"Dan ini dapat menjadi faktor risiko masalah kesehatan seperti infeksi saluran napas atau pneumonia hingga kanker," tambahnya.

Parahnya, asap rokok yang menempel di sejumlah barang atau tempat baru bisa hilang setelah berbulan-bulan. Sementara pada baju, asap rokok bisa hilang dengan dicuci bersih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2378 seconds (0.1#10.140)