4 Penyakit yang Banyak Dialami Korban Gempa Turki

Selasa, 14 Februari 2023 - 17:00 WIB
loading...
4 Penyakit yang Banyak Dialami Korban Gempa Turki
Gempa Turki dan Suriah yang terjadi pada 6 Februari lalu berimbas pada kesehatan pengungsi. Foto/Al Jazeera/Abdulsalam Jarroud
A A A
JAKARTA - Gempa Turki dan Suriah berkekuatan magnitudo 7,6 yang terjadi pada 6 Februari lalu menyita perhatian dunia. Bencana alam ini telah meluluhlantahkan ribuan pemukiman serta gedung-gedung di dua negara tersebut.

Tercatat ada hampir 6 ribu bangunan yang roboh dan 13 juta warga terdampak di negara yang terletak di beberapa jalur patahan seismik tersebut. Kini, jumlah korban gempa dari kedua negara itu sudah lebih dari 36 ribu jiwa.

Saat ini tim medis internasional berdatangan ke daerah yang dilanda gempa di Turki dan Suriah. Kebanyakan masyarakat di sana mengalami patah tulang di area lengan dan kaki akibat tertimpa reruntuhan bangunan.



Saat terjadi bencana alam, tentu banyak korban yang terjangkit penyakit. Selain karena lingkungan seadanya, cuaca juga mempengarhui kondisi kesehatan para pengungsi.

Berikut penyakit yang banyak dialami korban Turki, seperti dilansir dari Washingtonpost, Selasa (14/2/2023).

1. Hipotermia

Gempat Turki dan Suriah melanda saat musim dingin. Hal itu membuat temperatur suhu selalu berubah. Korban yang selamat dan tinggal di pengungsian banyak yang mengalami hipotermia atau radang dingin. Hal itu karena kondisi yang tidak memungkinkan bagi para pengungsi mendapatkan baju hangat.

2. Terjangkit Virus Corona dan ISPA

Tinggal dalam satu penampungan seadanya dengan jumlah pengungsi yang cukup banyak, menyebabkan penyebaran virus corona dan ISPA sangat cepat. Hal itu yang dikhawatirkan para pengungsi dan juga tim medis.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)