Selain Jessica Iskandar, Ashanty dan Artis Hollywood juga Alami Tiroid

Kamis, 16 Juli 2020 - 10:31 WIB
loading...
Selain Jessica Iskandar, Ashanty dan Artis Hollywood juga Alami Tiroid
Bukan saja Jessica yang mengalami tiroid. Ada sejumlah artis juga pernah mengalami penyakit ini. Sebut saja Ashanty. Bahkan, artis Hollywood mengalaminya juga. Foto/Instagram.
A A A
Jessica Iskandar didagnosa mengalami tiroid atau autoimun, jenis gangguan kesehatan di mana sistem imunitas tubuh menyerang tubuh. Gejalanya, seperti kelelahan, otot pegal, bengkak dan kemerahan, demam ringan, kesulitan berkonsentrasi, mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki, rambut rontok, dan ruam kulit.

Tapi, bukan saja Jessica yang mengalami hal itu. Sejumlah artis juga pernah mengalami penyakit ini. Sebut saja Ashanty. Bahkan, artis Hollywood pun mengalaminya, seperti selena Gomez dan Kim Kardashian.

Ashanty mengetahui dirinya mengalami autoium setelah dirinya kerap merasakan sakit kepala, tidak bisa tidur, mudah lupa, kerap cemas hingga mudah stres. Beruntungnya, dokter yang menangani istri Anang Hermansyah ini menenangkannya dan menjelaskan bahwa penyakit tersebut dapat sembuh.

"Dan ternyata yang selama ini selalu aku keluhkan ketahuan, kalo ngga karena dokter Terawan.. ngga tau selama ini aku sakit apa!! ngga tau selama ini aku sakit apa!! Ngga bisa tidur kenapa? Sakit kepala dari dulu krn apa? pelupa banget belakangan, suka cemas, mudah stres belakangan, gampang kepikiran!!" kata Ashanty ketika itu.

Sementara, Selena Gomez didiagnosis mengalami lupus-penyakit autoimun yang menyebabkan kekelahan dan rasa nyeri berlebihan. Hal itu dirasakannya pada 2015. Selena yang telah berhasil menjual 7 juta album dan 22 juta single di seluruh dunia ini lantas menjalani operasi transplantasi ginjal pada 2017 lalu.

"Saya mengalami kekhawatiran, kepanikan, dan depresi yang merupakan dampak dari lupus," terang Selena kepada People pada Agustus 2016. (Baca juga: Mengenal Penyakit Tiroid Seperti yang Dialami Jessica Iskandar ).

Kim Kardashian juga mengalami psoriasis yang merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Penyakit tersebut membuat kulitnya mengalami bercak-bercak. "Para selebritas yang mengalami psoriasis umumnya disebabkan karena tekanan dan stres," demikian keterangan National Psoriasis Foundation dilansir ABC News.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk kalangan atlet. Petenis dunia Venus William pernah mengalami sindrom Sjogren, salah satu jenis penyakit autoimun itu menyebabkan energinya mudah hilang atau kelelahan sehingga dia sulit berkompetisi. Sindrom Sjogren merupakan salah satu penyakit autoimun yang diderita banyak orang.

Seperti diketahui, penyakit ini memiliki 80 jenis. Beberapa yang populer adalah diabetes tipe 1, lupus, psoriasis, multiple sclerosis, hingga heumatoid arthritis. Sekira 24 juta atau 7% penduduk Amerika Serikat diketahui mengalami penyakit autoimun. Biasanya, penderita penyakit tersebut adalah perempuan dan gejala muncul saat dewasa.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)