Apa Saja Keistimewaan Danau Toba yang Akan Jadi Lokasi Ajang F1 Power Boat H20? Ini Dia Daftarnya

Senin, 20 Februari 2023 - 15:34 WIB
loading...
Apa Saja Keistimewaan Danau Toba yang Akan Jadi Lokasi Ajang F1 Power Boat H20? Ini Dia Daftarnya
Danau Toba memiliki pesona yang sudah tidak diragukan lagi. Foto/iStock
A A A
SAMOSIR - Danau Toba memiliki pesona yang sudah tidak diragukan lagi. Danau alami yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini adalah salah satu destinasi wisata menakjubkan yang memadukan antara keindahan alam dengan keunikan tradisi budaya.

Keindahan alam Danau Toba sering kali menjadi ikon pariwisata Indonesia. Danau Toba selalu ramai dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu tujuan wisata terbaik Tanah Air.

Terletak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Danau Toba memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Sebagai danau alami terluas di Indonesia, Toba terbentuk dari letusan supermasif gunung berapi pada 70.000 tahun lalu.



Berikut sederet keistimewaan yang dimiliki Danau Toba, dilansir dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023).

1. Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

Danau Toba adalah sebuah danau yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, yaitu Gunung Toba, yang terjadi sekitar 70.000 tahun lalu. Karena letusan tersebut, Gunung Toba memuntahkan material letusannya dan membuat kawah yang berada di sekitarnya berubah menjadi danau.

Dengan kejadian alam tersebut, kini Danau Toba menjadi danau terbesar dan juga terindah yang ada di dunia dengan luas danau yang mencapai 1.145 kilometer persegi serta kedalaman yang mencapai 450 meter. Belum lagi, di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir, pulau vulkanik yang luasnya hampir sama dengan wilayah Singapura.

2. Kekayaan Hayati Danau Toba

Menikmati pesona biru permukaan Danau Toba mungkin kerap dilakukan oleh sebagian besar wisatawan. Namun, pernahkah Anda menengok anugerah alam yang terdapat di bawah permukaan Danau Toba itu sendiri?

Ternyata, Danau Toba memiliki kekayaan hayati yang dapat memenuhi pangan masyarakat sekitar maupun meningkatkan ekonomi setempat karena dapat diperdagangkan.

Salah satunya bagi masyarakat di Desa Sibaganding dekat Danau Toba yang sebagian besar mata pencahariannya adalah nelayan. Per hari, tiap nelayan dapat menangkap 1-5 kg lobster yang biasanya dijual ke restoran seafood dengan harga Rp85.000 per kg.

Cara penangkapannya pun tidak menggunakan alat-alat yang dapat merusak lingkungan. Lobster Danau Toba tersebut tak hanya memperkaya kuliner setempat melainkan juga banyak disukai wisatawan.



3. Jadi Habibat Satu-Satunya Ikan Batak

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Danau Toba adalah adanya ikan batak (neolissochilus thienemanni), hewan endemik Sumatera Utara yang hanya hidup di Danau Toba. Ikan ini termasuk jenis omnivora yang hidup di perairan dengan aliran deras.

Namun, ikan batak merupakan spesies ikan khas yang kini jumlah populasinya terancam punah. Hal ini dikarenakan ikan batak memiliki nilai ekonomi dan juga sosial yang tinggi.

4. Dikelilingi 12 Air Terjun Menakjubkan

Salah satu keistimewaan Danau Toba selanjutnya adalah dikelilingi oleh 12 air terjun cantik dengan pesona menakjubkan. Ke-12 air terjun yang mengelilingi Danau Toba ini juga menjadi alasan dan tujuan untuk berwisata bagi para wisatawan yang sedang berada di Medan.

Wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi saat berada di Danau Toba adalah Binanga Bolon, Siboruon, Janji, Sampuran, Hadabuan Naisogop, Efrata, Sigarantung, Situmurun, Sigura Gura, Tonduhan, Sipiso Piso, dan Simanimbo.

5. Danau Kecil di Pulau Samosir

Danau Toba tak hanya memiliki Pulau Samosir yang berada di tengah-tengahnya sehingga memiliki julukan ‘Pulau di Atas Pulau’. Ternyata pulau ini juga punya danau di dalamnya dengan julukan ‘Danau di Atas Danau’.

Danau ini bernama Danau Sidihoni. Meskipun terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan Danau Toba, danau ini luasnya mencapai 5 hektar. Karena dasarnya yang cukup dalam, wisatawan tak disarankan untuk berenang ataupun mandi di sini.



6. Jadi Lokasi Perlombaan F1 Power Boat H20

Tahun ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah seri pembuka F1 Power Boat. Danau Toba terpilih sebagai lokasi ideal untuk menjadi sirkuit yang digunakan dalam kejuaraan F1 H20.

Selain area danaunya yang luas, aspek lain seperti pemandangan alam dan akses jalan menuju lokasi cukup mendukung. Tak hanya itu, Danau Toba juga merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang tengah digencarkan pengembangannya oleh pemerintah.

Ya, ajang balapan jet air terelit dunia tersebut mampir ke Indonesia pada tahun ini, tepatnya di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 dan akan diikuti oleh sejumlah negara. Diproyeksikan lebih dari 25.000 wisatawan akan menonton langsung ajang balap perahu motor supercepat ini.

Ajang F1 H20 atau disebut juga F1 Powerboat merupakan ajang kejuaraan dunia perahu motor (speedboat) dengan kecepatan mencapai 200-240 kilometer per jam dan telah diselenggarakan di 39 negara sejak 1984. Beberapa negara yang pernah menjadi tuan rumah F1 Power Boat di antaranya Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab (UEA), Arab Saudi, dan China.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)