Istana Kekaisaran Tokyo, Bekas Benteng Edo Keturunan Tokugawa yang Terawat hingga Kini

Selasa, 21 Februari 2023 - 20:31 WIB
loading...
Istana Kekaisaran Tokyo, Bekas Benteng Edo Keturunan Tokugawa yang Terawat hingga Kini
Banyak bangunan tua penuh sejarah yang masih terjaga dan terawat di Tokyo, Jepang, salah satunya adalah Istana Kekaisaran Tokyo yang berada di Distrik Chiyoda. / Foto: Arie Dwi Satrio
A A A
TOKYO - Banyak bangunan tua penuh sejarah yang masih terjaga dan terawat di Tokyo, Jepang. Salah satunya adalah Istana Kekaisaran Tokyo yang berada di Distrik Chiyoda.

Bangunan Istana Kekaisaran Tokyo masih kukuh dan gagah meskipun kerap diguncang gempa. Istana Kekaisaran ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Jepang.

Bukan hanya areanya yang bersih dan terawat, Istana Kekaisaran Tokyo, yang memiliki sejarah tersendiri, dulunya merupakan markas shogun atau penguasa militer di era Tokugawa.

Baca juga: 7 Destinasi Wisata di Sekitar Danau Toba, dari Air Terjun hingga Desa Paropo

"Sekarang ditinggali kaisar dan permaisuri. Dulu benteng Edo, kediaman kesatuan ketentaraan, general commando," kata Koordinator Japan International Cooperation Center (JICE) Takagi Hitoshi di area Istana Kekaisaran Tokyo, Chiyoda, Tokyo, Kamis, 16 Februari 2023.

Area Istana Kekaisaran Tokyo boleh dikunjungi wisatawan karena tidak dilewati kaisar dan keluarganya. Bahkan, pada hari tertentu, bagian dalam Istana Kekaisaran Tokyo boleh dikunjungi masyarakat umum.

Berdasarkan pantauan, Istana Kekaisaran Tokyo dikelilingi parit atau saluran air berukuran besar. Tembok besar laiknya benteng tentara Jepang zaman dahulu juga mengelilingi area Istana Kekaisaran Tokyo, maklum, bekas zaman perang. Tembok-tembok tersebut tampak gagah kukuh.

Istana Kekaisaran Tokyo, Bekas Benteng Edo Keturunan Tokugawa yang Terawat hingga Kini

(Foto: Arie Dwi Satrio)

Memasuki area Istana Kekaisaran Tokyo, para wisatawan akan disuguhkan gerbang besar. Berjalan hanya sekitar 300 meter, terdapat rumah tradisional Jepang hingga tembok-tembok besar yang masih kukuh. Batu-batu besar yang disusun menjadi tembok tersebut merupakan saksi dari sejarah Perang Jepang.

Pohon-pohon juga tumbuh subur di area Istana Kekaisaran Tokyo. Sayangnya, bunga sakura belum bermekaran di bulan Februari. Namun, segarnya udara di Tokyo dan gagahnya benteng-benteng bekas Shogun Tokugawa tetap mempunyai kesan tersendiri di area Istana Kekaisaran Tokyo. Bukan hanya itu, area Istana Kekaisaran Tokyo juga dilengkapi taman yang ada air terjunnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0861 seconds (0.1#10.140)