Perkembangan Motorik Anak Penting Dipantau sejak Usia Dini

Rabu, 22 Februari 2023 - 11:01 WIB
loading...
Perkembangan Motorik Anak Penting Dipantau sejak Usia Dini
Orang tua wajib memperhatikan perkembangan anaknya ketika di usia dini, karena otak anak berkembang sangat pesat dan optimal di lima tahun pertama. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Orang tua wajib untuk terus memperhatikan perkembangan anaknya ketika di usia dini. Pasalnya, otak anak berkembang sangat pesat dan optimal di lima tahun pertama.

Selama masa-masa krusial ini, otak anak berfungsi seperti layaknya spons yang bisa cepat menyerap informasi baru. Salah satu yang terpenting dalam perkembangan anak adalah aspek motorik.

Perkembangan motorik sangat dipengaruhi organ otak. Dan, otak memberikan pengaruh pada setiap gerakan tubuh. Saat otak anak berkembang semakin optimal, sistem syarafnya juga akan semakin matang dalam mengatur dan mengoordinasikan otot-otot tubuh untuk bergerak.

Baca juga: Perbedaan Artis, Aktris, dan Aktor yang Belum Banyak Diketahui Orang

Motorik sendiri dibagi dua, yakni motorik halus dan motorik kasar. Motorik halus merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan dan tugas sehari-hari menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu untuk bereksplorasi dan mengekspresikan diri. Seperti menggunakan pensil untuk menggambar, menulis dan mencorat-coret, melempar dan menangkap bola.

Sebaliknya, motorik kasar merupakan kemampuan bergerak, berkoordinasi, dan menyeimbangkan diri menggunakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi kematangan fisik anak itu sendiri. Contoh motorik kasar di antaranya jalan, berlari, melompat, hingga menendang.

Pentingnya motorik dalam perkembangan anak ini pun menjadi perhatian dari KIDSMoov, sebuah pusat pembelajaran dari Singapura yang akan membuka cabang di Indonesia.

Pusat pembelajaran ini didirikan berdasarkan keyakinan bahwa masa depan dunia bergantung pada anak-anak saat ini, dan perkembangan mereka dimulai sejak usia dini.

"Kami memiliki berbagai program yang menyenangkan dan menarik untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan hidup penting seperti kerjasama tim, kepemimpinan, dan kepercayaan diri," ujar Marketing Developer KIDSMoov, Linta Hayatunisa dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (22/2/2023).

"Tujuannya adalah untuk membantu anak-anak menemukan bakat dan minat mereka dan mendorong mereka untuk mengejar mereka," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)