Gejala Kolesterol Tinggi di Jari Tangan dan Kaki, Tak Melulu Nyeri

Kamis, 23 Februari 2023 - 07:42 WIB
loading...
Gejala Kolesterol Tinggi di Jari Tangan dan Kaki, Tak Melulu Nyeri
Gejala kolesterol tinggi di jari tangan dan kaki penting untuk diketahui. Kadar kolesterol yang melonjak menyebabkan darah mengalir tebal, yang mengganggu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala kolesterol tinggi di jari tangan dan kaki penting untuk diketahui. Kadar kolesterol yang melonjak dalam tubuh menyebabkan darah mengalir tebal, yang mengganggu aliran darah normal ke saraf dan mengakibatkan kesemutan.

Selain makan makanan tinggi lemak, merokok, minum, tidak berolahraga, dan kelebihan berat badan adalah penyebab lain yang berkontribusi pada kolesterol tinggi . Hal ini dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan kondisi fatal seperti serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi juga dapat diindikasikan dengan gejala jari tangan dan kaki yang menyakitkan. Penumpukan kolesterol di arteri darah tangan dan kaki dapat membuat sakit untuk disentuh. Gejala lain dari peningkatan kadar kolesterol yang sering hadir adalah kesemutan di jari tangan dan kaki.

Kolesterol tinggi akan memiliki endapan berwarna kekuningan pada kulit, terutama di sekitar mata dan terkadang di telapak tangan serta belakang kaki bagian bawah. Kondisi ini disebut xanthelasma, jika berada di sekitar mata dan xanthomas jika deposit kolesterol ada di bagian lain dari tubuh seperti tangan atau kaki.



Dilansir dari Times of India, Kamis (23/2/2023) kolesterol tinggi menyebabkan mati rasa di ujung jari. Ada pertumbuhan atau endapan kecil berwarna kekuningan dan oranye pada kulit terutama di kelopak mata atas atau di telapak tangan atau bagian bawah kaki.

Jika kondisinya mencapai kadar tinggi trigliserida, ada pembentukan timbunan lemak dalam tubuh. Kolesterol tinggi dan hipertrigliseridemia menyebabkan penyakit kardiovaskular dan neurologis pada penderita.

Untuk mencegah kolesterol tinggi , pastikan modifikasi gaya hidup Anda, modifikasi diet, dan olahraga teratur diurus. Jika kondisinya berada di sisi yang lebih tinggi, obat-obatan harus dimulai untuk terus mencapai kadar kolesterol yang optimal.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)