Ini Rahasia Once Mekel Mampu Jaga Kualitas Vokal di Usia Lebih dari Setengah Abad

Kamis, 23 Februari 2023 - 22:39 WIB
loading...
Ini Rahasia Once Mekel Mampu Jaga Kualitas Vokal di Usia Lebih dari Setengah Abad
Elfonda Mekel alias Once Mekel merupakan salah satu penyanyi yang dikenal memiliki suara tinggi. / Foto: Nurul Amanah
A A A
JAKARTA - Elfonda Mekel alias Once Mekel merupakan salah satu penyanyi yang dikenal memiliki suara tinggi. Penyanyi 52 tahun ini pun mampu menjaga kemampuannya hingga usianya yang sudah lebih dari setengah abad.

Lantas, bagaimana cara Once bisa menjaga kualitas suaranya? Vokalis yang besar bersama Dewa 19 itu pun mengungkapkan bahwa dirinya selalu menjaga kesehatan tenggorokannya, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

"Makan makanan sehat, karena suara sangat bergantung dengan kesehatan tubuh, khususnya tenggorokan," tutur Once Mekel ketika dijumpai di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: The Rolling Stones Akan Hadirkan Paul McCartney di Album Terbaru

Kendati demikian, Once tidak menyangkal bahwa dirinya tidak sepenuhnya menjaga pola makannya. Namun, dia berupaya menghindari makanan berminyak, dan hanya mengonsumsi makanan yang direbus ketika akan manggung.

Once sendiri memiliki makanan kegemaran, yakni makanan Jepang. Menurut Once, makanan Jepang sangat baik dikonsumsi, khususnya bagi vokalis. Pasalnya, makanan Jepang tidak berminyak dan cukup menyehatkan.

Selain itu, porsi makanan Jepang yang cenderung sedikit membuatnya ideal untuk dikonsumsi, tidak membuat terlalu kenyang.

"Saya biasanya biasa aja (makanan). Jangan sampai suara kering, menghindari makanan berminyak. Makanan paling ideal untuk vokalis adalah makanan Jepang karena tidak berminyak dan porsinya kan terukur, kecil-kecil, jadi maksudnya enggak gampang kekenyangan," jelas Once.

Baca juga: Angkat Kisah Pribadi, Single Terbaru Willy Anggawinata Sudah Bisa Dinikmati di TREBEL

"Saya saranin bagi para penyanyi, kalo makan makanan Jepang itu sih sebenarnya bagus, meski agak mahal," tutup dia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)