Indonesia Fashion Week ke 10 Bertajuk Sagara dari Timur Resmi Dibuka

Jum'at, 24 Februari 2023 - 11:29 WIB
loading...
Indonesia Fashion Week ke 10 Bertajuk Sagara dari Timur Resmi Dibuka
Indonesia Fashion Week 2023 resmi digelar Rabu (22/2/2023), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.
A A A
JAKARTA - Indonesia Fashion Week 2023 resmi digelar Rabu (22/2/2023), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. IFW 2023 meng-highlight Gorontalo karena memiliki banyak sekali potensi besar, mulai dari keindahan wastra Nusantara-nya yaitu Sulam Karawo maupun alam yang teramat indah.

Turut hadir dalam acara pembukaan IFW 2023 antara lain Ketua Umum Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indoensia (APPMI) Poppy Dharsono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Salahudin Uno beserta Ibu Nur Asia Uno, dan Pj Gubernur Gorontalo beserta Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, Bapak
Hamka Hendra Noer dan Ibu Gamaria Purnamawati Monoarfa.

Sebagai ajang pekan mode terbesar di Indonesia, fokus utama Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indoensia (APPMI) menyelenggarakan IFW 2023 adalah untuk mencari, membina, dan mengembangkan potensi dari pelaku usaha maupun pengerajin di bidang fesyen dan kriya, sehingga produk-produk dari daerah dapat ditransformasi menjadi produk fesyen yang dapat dipasarkan secara nasional dan internasional.

APPMI sendiri setiap tahunnya selalu bekerjasama dan berkolaborasi dengan banyak pemerintah daerah baik provinsi, kota, maupun kabupaten. Salah satu diantaranya adalah Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta yang ikut memeriahkan upacara pembukaan IFW 2023 dengan persembahan tarian Betawi yang
cantik juga penampilan dari penyanyi serta musisi Maria Calista dan Kezia.

Nah, tahun ini dari sekian banyak pemerintah daerah yang bekerjasama dengan IFW dan APPMI, Pemerintah Gorontalo lah yang telah menyusun dan berprogram bersama dengan APPMI selama hampir 6 bulan.

"Fokus utamanya adalah untuk mengembangkan potensi dari Sulam Karawo, sulam khas dari Provinsi Gorontalo agar bisa lebih dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat luas," kata Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono.

Poppy melanjutkan, program yang dilaksanakan bersama ini pun terencana dan terintegerasi dengan sangat baik dari mulai proses pelatihan, perlombaan, sampai dengan pagelaran besar yang akan dilaksanakan di panggung besar IFW 2023.

Sulam karawo adalah karya sulam unik yang menurut APPMI dapat dikembangkan fungsinya tidak hanya untuk produk fesyen, namun juga bisa dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai produk rumah tangga seperti taplak dan sarung bantal.

Apa yang membedakan IFW 2023 dengan IFW sebelumnya? Poppy Dharsono menerangkan bahwa IFW 2023 adalah perayaan IFW yang ke-10.

Banyak hal spesial dihadirkan di IFW 2023, yang paling jelas adalah akhirnya ajang pekan mode ini digelar secara offline setelah pencabutan PPKM. Selain itu, lewat IFW 2023 ini APPMI berniat untuk lebih menyelaraskan pelaksanaan dan komunikasi kampanye IFW 2023 yaitu Sagara dari Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)