Donor Darah MNC Peduli Kembali Digelar, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Rabu, 01 Maret 2023 - 11:25 WIB
loading...
Donor Darah MNC Peduli Kembali Digelar, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan
MNC Peduli melalui program MNC Love Donation kembali menggelar kegiatan donor darah di iNews Tower, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023). Foto/Melati Pratiwi/MPI
A A A
JAKARTA - MNC Peduli melalui program MNC Love Donation kembali menggelar kegiatan donor darah di iNews Tower, Jakarta Pusat, Rabu (1/3/2023).

Kali ini, Dokter Elida Marpaung selaku Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membeberkan tentang manfaat dari donor darah yang dilakukan secara rutin.

Menurut Dokter Elida Marpaung, donor darah bukan hanya memiliki makna berbagi dengan orang lain, tetapi juga berdampak pada kesehatan si pendonor. Salah satu yang dia sebutkan adalah dapat mengurangi potensi terserang beberapa jenis kanker.

"Ada beberapa penyakit cancer yang bisa disebutkan berfrekuensi lebih rendah pada orang yang rutih donor" kata Dokter Elida saat ditemui di iNews Tower.



Dokter Elida lantas menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Bahkan sang dokter juga menyebut potensi terserang kanker bagi pendonor darah rutin bisa 30 kali lebih berkurang.

"Ada faktor-faktor zat besi yang bisa menyebabkan memprediposisi untuk terjadinya cancer, seperti kanker kolom. Dan ini di dalam penelitian bisa disebutkan mengurangi potensi untuk itu lebih dari 30 kali berkurang dari orang yang tidak donor rutin" ujarnya.

Lebih lanjut donor darah secara rutin dikatakan Dokter Elida Marpaung mampu mengurangi penyakit jantung.

Sementara itu, kegiatan donor darah MNC Love Donation yang diadakan di iNews Tower diikuti oleh lebih dari 300 partisipan. Adapun ini merupakan kali kedua MNC Peduli menggelar donor darah pada tahun 2023.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2167 seconds (0.1#10.140)