Model Pria Iklankan Lingerie Gegara China Larang Wanita Live Streaming

Jum'at, 03 Maret 2023 - 08:51 WIB
loading...
Model Pria Iklankan Lingerie Gegara China Larang Wanita Live Streaming
Sejumlah marketplace China dikabarkan banyak menggunakan model pria dalam mempromosikan lingerie atau pakaian dalam wanita untuk menghindari jeratan hukum. Foto/Kolase foto Twitter @xiaojingcanxue
A A A
CHINA - Sejumlah marketplace China dikabarkan telah banyak menggunakan model pria dalam mempromosikan lingerie atau pakaian dalam wanita untuk menghindari jeratan hukum.

Pasalnya, beberapa tahun terakhir ini, otoritas China getol menindak industri live streaming secara umum. Diantaranya yang memasarkan produk pakaian dalam wanita karena dianggap cabul, hingga mukbang, pertunjukan ala Korea Selatan karena dianggap mempromosikan pemborosan makanan.

Terkait model pria yang menjadi incaran bisnis online ini bertujuan untuk menghindari celah hukum agar penjualannya tetap meningkat secara signifikan.

Tidak dapat memodelkan pakaian benar-benar memengaruhi penjualan. Melanggar hukum menggunakan wanita sebagai model dalam siaran langsung berisiko membuat seluruh saluran dilarang secara permanen. Tetapi beberapa saluran menemukan celah.



Sebagaimana dikutip dari Insider, Kamis (3/3/2023) perundang-undangan China dengan jelas menetapkan bahwa wanita dilarang mengenakan pakaian dalam wanita dalam siaran langsung, tetapi tidak untuk pria.

Menurut akun Twitter populer @xiaojingcangxue, beberapa saluran dagang live streaming sekarang sudah beralih menggunakan model pria untuk memamerkan pakaian dalam wanita agar bisa menghindari pelanggaran hukum.

Unggahan tersebut, sempat viral awal bulan lalu, juga menampilkan dua gambar diam yang menampilkan dua pria mengenakan pakaian dalam wanita.

Postingan itu mendapat reaksi beragam dari netizen pengguna Twitter, banyak yang bercanda tentang masalah ini. Tetapi mereka yang lain mengeluhkan fakta bahwa bisnis harus menggunakan taktik licik ini untuk menghindari aturan hukum.

Bahkan, beberapa netizen Cina terhibur dengan upaya menghindari celah ini. "Pria itu memakainya lebih baik daripada gadis itu," komentar netizen pada klip video streaming langsung di Douyin (TikTok China) dengan mengumpulkan hampir dua ratus suka.

Tak hanya itu, ada juga netizen yang mengatakan bahwa menggunakan manekin akan menjadi alternatif yang lebih baik untuk memodelkan pakaian dalam secara akurat.

"Jika itu model wanita, streaming langsung akan dilarang setiap menit, tidak seperti ini belum terjadi sebelumnya, ini masih merampas sekelompok wanita dari peluang kerja mereka," komentar warganet di Weibo, platform media sosial Tiongkok disukai 130.000 orang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)