9 Penyanyi Dangdut Indonesia Asal Jawa Timur, dari Inul Daratista sampai Denny Caknan

Jum'at, 03 Maret 2023 - 18:01 WIB
loading...
9 Penyanyi Dangdut Indonesia Asal Jawa Timur, dari Inul Daratista sampai Denny Caknan
Sedikitnya ada sembilan penyanyi dangdut asal Jawa Timur yang populer di blantika musik Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada sembilan penyanyi dangdut asal Jawa Timur yang populer di blantika musik Indonesia. Tak sedikit dari mereka mampu bertahan di layar kaca dan mencapai puncak kesuksesan.

Kecintaan masyarakat terhadap dangdut yang merupakan genre musik kepunyaan Indonesia telah melahirkan beberapa penyanyi berbakat dengan suara merdu dan cengkok khasnya.

Baca juga : Profil Tisya Erni, Penyanyi Dangdut yang Kerap Tampil Seksi

Berikut sembilan penyanyi dangdut asal Jawa Timur:

1. Inul Daratista

Salah satu penyanyi dangdut legendaris Indonesia yang terkenal akan goyang ngebornya ini berasal dari Pasuruan, Jawa Timur.

Pelantun lagu Goyang Dombret ini telah tenar sejak awal tahun 2000an, namanya seakan tak pernah mati di dunia hiburan Indonesia.

2. Dewi Perssik

Penyanyi Dangdut yang akrab dengan sebutan DP ini berasal dari Jember. Namanya mulai melejit setelah memunculkan single Mimpi Manis di tahun 2006. Selain terkenal sebagai penyanyi, Dewi Persik juga terkenal sebagai pemain sinetron dan pemain film.

3. Nella Kharisma

Berasal dari Kediri, penyanyi bernama Nella Tri Kharisma ini mulai terkenal ketika bergabung dengan Nagaswara dan merilis single "Konco Mesra" di tahun 2017.

Awal karirnya dia sempat menjalani karir dengan bergabung bersama orkes melayu Scorpio, hingga sering ikut konser bersama Sagita.

4. Via Vallen

Penyanyi yang mulai populer di tahun 2017 karena single "Sayang" di tahun 2017 ini berasal dari Kediri. Namanya semakin besar ketika menjadi penyanyi dangdut pertama yang menyanyikan full satu lagu tema dari ajang Asian Games 2018, yakni "Meraih Bintang".

Baca juga : Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Ini Cita-Cita Sesungguhnya Happy Asmara

5. Gerry Mahesa

Berikutnya ada nama penyanyi dangdut koplo asal Sidoarjo. Sebelum terkenal seperti sekarang, Gerry sempat menjadi penyanyi yang kerap tampil dari panggung ke panggung bersama grup orkestra Palapa.

6. Jihan Audy

Penyanyi dangdut muda satu ini berasal dari Mojokerto. Meski masih muda dia cukup populer karena suara merdu dan paras cantiknya. Lagu Prei Kanan Kiri yang dipopulerkan Jihan Audy ini bahkan bisa menarik puluhan juta penonton.

7. Happy Asmara

Wanita pemilik julukan "The Queen of Ambyar" ini berasal dari Kediri. Namanya mulai dikenal berkat lagu "Tak Ikhlasno" yang dibawakannya. Selain itu, Happy juga memiliki beberapa lagu lain seperti Teles Lemah, Wes Tatas, dan Pecah Seribu.

8. Sodiq Monata

Pencipta lagu "Birunya Cinta" ini merupakan mantan personil New Palapa. Pria asal Pasuruan tersebut memiliki penampilan rambut gimbal yang khas dengan pernak pernik ala anak metal. Bersama grup Monata, dia merilis album dan memulai kariernya.

9. Denny Caknan

Pria asal Ngawi bernama Deni Setiawan merupakan penyanyi dangdut koplo yang tengah naik daun. Ciri khas yang jadi andalannya adalah lagu berbahasa ja wa yang dapat menarik minat pasar.

Kekasih Happy Asmara ini telah meraih beberapa penghargaan seperti "Penyanyi Pria Terfavorit" dalam ajang penghargaan Indonesian Choice Awards 2020. Serta "Penyanyi Dangdut Pria Terpopuler" di Anugerah Dangdut TPI Awards.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)