Anemia Dapat Diatasi dengan Konsumsi dan Hindari 5 Makanan Ini

Rabu, 08 Maret 2023 - 08:08 WIB
loading...
Anemia Dapat Diatasi dengan Konsumsi dan Hindari 5 Makanan Ini
Anemia merupakan suatu keadaan yang disebabkan karena kekurangan zat besi yang bersumber dari makanan. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Anemia merupakan suatu keadaan yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh manusia tidak dapat menghasilkan cukup zat dalam sel darah merah yang memungkinkannya membawa oksigen (hemoglobin). Akibatnya, anemia dapat membuat Anda mudah merasa lelah hingga sesak napas.

Berikut adalah lima jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh Anda yang mengidap anemia, dilansir dari laman Very Well Health, Rabu (8/3/2023).



1. Buah dan Sayur

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, lobak Swiss, dan kangkung merupakan sumber alami zat besi seperti halnya kacang polong, buncis, kubis Brussel, serta ubi jalar.

Buah kurma dan kismis juga merupakan sumber zat besi yang baik. Sama seperti buah kering lain semisal aprikot. Selain itu, beberapa pilihan terutama jeruk sangat tinggi vitamin C, yang dapat membantu mengurangi efek negatif fitat senyawa yang mengurangi penyerapan zat besi.

2. Biji-Bijian

Roti gandum, sereal, dan pasta mengandung fitat yang tinggi. Tetapi, makanan ini (dan tepung yang digunakan untuk membuatnya) sering kali diperkaya dengan zat besi.

3. Susu

Secara umum, produk susu bukanlah sumber zat besi yang baik secara alami. Namun, dengan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kalsium, hal itu dapat memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menyerap zat besi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)