Telusuri Jejak Peradaban di Situs Wisata Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung

Rabu, 08 Maret 2023 - 08:46 WIB
loading...
Telusuri Jejak Peradaban di Situs Wisata Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung
Lampung tak hanya memiliki destinasi pantai ataupun obyek wisata alam. Di provinsi ini juga terdapat destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik. Foto/Instagram @taman_purbakala
A A A
LAMPUNG TIMUR - Lampung tak hanya memiliki destinasi pantai ataupun obyek wisata alam. Di provinsi paling selatan Pulau Sumatera ini juga terdapat destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik. Namanya Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs purbakala yang ditemukan di Lampung. Tempat ini menjadi salah satu saksi peradaban manusia di Indonesia, sehingga sangat layak dan patut dijaga kelestariannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/3/2023), berikut fakta-fakta seputar Taman Purbakala Pugung Raharjo di Lampung.


Lokasi dan Rute

Obyek wisata Taman Purbakala Pugung Raharjo terletak di Pugung Raharjo, Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Lampung. Lokasinya bisa Anda cari di map, sehingga tidak perlu khawatir tersesat jika ingin menuju ke tempat ini.

Untuk mencapai Taman Purbakala Pugung Raharjo, Anda bisa memulai dari Pasar Pugung Raharjo karena jaraknya cukup dekat, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit. Sementara jika berangkat dari Kota Bandar Lampung, membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda empat.

Saat menuju Taman Purbakala Pugung Raharjo, Anda akan melewati Pasar Purwodadi Simpang, Tugu Perbatasan Lampung Timur dan Lampung Selatan.

Fasilitas

Fasilitas di Taman Purbakala Pugung Raharjo juga sudah mumpuni. Di sini terdapat area parkir kendaraan roda dua, roda empat, hingga bus yang cukup memadai.

Selain itu mushola, toilet, hingga penginapan tersedia pula di sekitar Taman Purbakala Pugung Raharjo. Jadi Anda tidak perlu kebingungan jika ingin sholat, buang hajat, atau bahkan bermalam di sini.


Daya Tarik

Daya tarik obyek wisata ini yaitu sejarahnya. Di sini Anda bisa mengetahui, mempelajari, sekaligus menambah wawasan luas tentang sejarah dari penemuan-penemuan benda berharga di Indonesia.

Situs ini terbuat dari keramik atau bebatuan yang tak biasa. Terdapat temuan sebaran keramik di situs Pugung Raharjo yang cukup luas, di mana benda tersebut umumnya ada di abad ke-8 hingga abad ke-17 Masehi.
Telusuri Jejak Peradaban di Situs Wisata Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung

Foto/Instagram @taman_purbakala

Keramik asing yang ditemukan di situs bersejarah ini berasal dari Dinasti Tang, Cing, Sung, dan Ming asal China. Bukti ini menunjukkan bahwa perdagangan atau pelayaran di abad 10 hingga abad 16 Masehi di kawasan Way Sekampung sangat ramai. Tak hanya itu, melalui Way Sekampung ini pula diduga ajaran Islam masuk ke Lampung Tengah, mengingat ditemukannya medallion Sam Pho Khong di daerah ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4439 seconds (0.1#10.140)