Perhatikan! Ini Ciri Diabetes yang Sudah Dapat Dikontrol

Jum'at, 17 Juli 2020 - 14:03 WIB
loading...
Perhatikan! Ini Ciri Diabetes yang Sudah Dapat Dikontrol
Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Namun, penyakit ini dapat dikontrol atau dikendalikan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Namun, penyakit ini dapat dikontrol atau dikendalikan. Adapun kriteria diabetes sudah terkontrol dapat dilihat dari beberapa hal.

Salah satunya adalah kemampuan dokter dan pasien yang bisa mengendalikan komplikasi yang akan timbul.

"Apa kriteria terkendali? Selain gula darahnya, ada kemampuan dokter dan pasiennya yang bisa mengendalikan komplikasi yang bakal timbul. Jadi mengobati diabetes didepan gula darah, ada berbagai macam persoalan yang harus dievaluasi sehingga kita maksimal," kata Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam FKUI RSCM, dr. Dante S. Harbuwono, Sp.PD.D, KEMD baru-baru ini.

Lebih lanjut dr. Dante menjelaskan bahwa gula darah turun bukan berarti diabetes sembuh. Di dalam diabetes sendiri ada yang namanya ruang komplikasi dan ini merupakan persoalan pertama yang harus diatasi segera.

Selain itu, mengobati diabetes, bukan soal mengobati gula darah saja. Pada dasarnya mengobati diabetes adalah bagaimana caranya supaya diabetesi atau pasien diabetes tidak terkena komplikasi.

"Jadi tidak terkena stroke, tidak terkena cuci darah, tidak terkena serangan jantung, tidak terkena diamputasi, tidak kena disfungsi ereksi," jelasnya. (Baca juga: Diabetes Seperti Komedian Omas Tak Dapat Sembuh, tapi Bisa Dikontrol ).
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)