Manfaat Berenang untuk Anak, Perkuat Jantung hingga Melatih Motorik

Rabu, 08 Maret 2023 - 23:30 WIB
loading...
Manfaat Berenang untuk Anak, Perkuat Jantung hingga Melatih Motorik
Berenang memiliki banyak manfaat untuk anak. Olahraga ini bisa memperkuat jantung, paru-paru, kaki, leher hingga melatih motorik kasar dan halus si kecil. Foto/Studio Renang
A A A
JAKARTA - Berenang memiliki banyak manfaat untuk anak. Tak hanya sekadar bersenang-senang, olahraga ini bisa memperkuat jantung, paru-paru, otot lengan, kaki, leher hingga melatih motorik kasar dan halus si kecil.

Berenang bisa merangsang sistem vestibular dan membantu menjaga keseimbangan. Berada di dalam air membantu bayi bergerak secara mandiri sebelum merangkak atau berjalan. Berenang juga membantu kebiasaan makan dan tidur anak menjadi teratur.

Selain itu, berenang akan membuat anak menjadi lebih berani, mandiri, dan meningkatkan kepercayaan diri anak hingga mempelajari kemampuan menyelamatkan diri. Seperti halnya yang diajarkan oleh Studio Renang.

“Hanya berenang yang bisa melatih skill keselamatan diri anak di lingkungan air. Jadi memang skill keselamatan diri di lingkungan air selalu harus kita highlight karena itu penting buat setiap anak, dan karena itu juga strong point dari Studio Renang,” kata Founder Studio Renang Steven baru-baru ini.

Baca Juga: 5 Manfaat Renang, mulai Atasi Asma hingga Kesehatan Mental

“Bahkan dari umur mereka masih kecil dari usia 6-8 bulan, anak-anak sudah bisa diajarkan konsep cara untuk menghargai air atau respect of water. Jadi mereka tau kalau mereka loncat sembarangan mereka bisa nggak napas di dalam air, kita bisa tekankan teori itu kepada anak-anak dari usia dini mereka, jadi mereka akan lebih berhati-hati ketika ada di lingkungan air,” tambahnya.

Di sisi lain, di Indonesia banyak kasus tenggelam. Di mana berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) banyak kematian anak di usia dini disebabkan tenggelam.

“Ingin meminimalisir risiko-risiko kasus tenggelam seperti itu, makanya setiap anak di Indonesia itu kita yakinin bahwa mereka wajib bisa, terutama 1-2 meter pertama. Skill mereka itu yang kita fokuskan karena merupakan yang paling penting untuk skill keselamatan mereka," jelas Steven.

"Soalnya kasus tenggelam di kolam pada umumnya pasti selalu di 1-2 meter dari pinggir kolam," tandasnya.

Baca Juga: Renang Dapat Tingkatkan Kecerdasan Otak

Begitu banyak hal yang dilakukan Studio Renang bersama para orang tua dan anak-anak di Indonesia yang akhirnya mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia dengan tembus 1.000 students di seluruh cabang.

Cabang Studio Renang tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Batam, Solo, Yogyakarta, Semarang, Kelapa Gading, Bekasi, BSD, Gading Serpong, dan kedepannya akan terus bertambah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)