Komunitas Loyal ala Asus

Selasa, 08 September 2015 - 09:18 WIB
Komunitas Loyal ala Asus
Komunitas Loyal ala Asus
A A A
BUKAN hal baru bahwa tiap vendor berusaha mengubah pengguna produknya mejadi konsumen loyal mereka lewat komunitas. "Apple Fanboy" atau pengguna fanatik Apple sudah lama ada.

Xiaomi juga memiliki konsumen loyal yang disebut Mi Fans. Samsung, walau tidak memiliki komunitas resmi, tapi rutin memberikan benefit bagi penggunanya lewat Galaxy Gift. Nah, Asus Indonesia menempuh cara berbeda.

Mereka memilih menciptakan aplikasi yang menghubungkan antar pengguna perangkat smartphone maupun tablet Asus dengan pihak Asus lewat Asus Zentalk dan Asus ZenCircle. "Tanpa memiliki pengguna yang loyal tidak mungkin bagi sebuah vendor untuk dapat bertahan di pasar gadget yang sangat ketat persaingannya, khususnya di pasar Indonesia. "Dengan peringkat kedua di tanah air, Asus merasa sudah semestinya kami memberikan eksperiens lebih bagi konsumen.

Tidak cuman lewat kemampuan hardware, tapi juga aplikasi yang membuat pengguna semakin asik menggunakan perangkat kami," tutur Brama Setyadi, Asus Community Specialist. Hadir di perangkat smartphone dan tablet Asus yang memiliki spesifikasi berbasis Andorid 4.4 ke atas, Asus membenamkan aplikasi serupa "Kaskus" yakni Asus Zentalk dan Asus ZenCircle yang mirip "Instagram".

Aplikasi Asus Zentalk diperuntukan sebagai sebuah forum dimana setiap pengguna perangkat Asus dapat berbagi cerita, informasi, tips, dan solusi terkait perangkat Asus. "Jadi sebelum konsumen menghubungi Asus Customer Care, mereka dapat terlebih dahulu mencari tahu solusi atas problem saat menggunakan perangkat Asus maupun tips bagaimana mengoptimalkan dan menjaga perangkat mereka. Mirip service online. Kami juga menyediakan Dr. Zen," tandas Brama.

Dr. Zen adalah admin atau moderator forum di Asus Zentalk yang memang ahli mengenai seluk beluk perangkat Asus. Selain forum, Asus juga mengimplementasikan sistem rewards atau gimmick pada penggunanya. "User yang paling aktif posting mendapat poin yang nantinya dapat digunakan untuk event undian dari Asus dengan beragam hadiah. Bahkan berkesempatan untuk mendapatkan undangan menjadi beta tester produk Asus," ujar Juliana Cen, Country Product Group Leader, Asus Indonesia.

Untuk aplikasi "Instagram" buatan Asus sendiri, yaitu Asus ZenCircle, pengguna dapat mengunggah foto-foto hasil karyanya yang diambil menggunakan perangkat Asus. Di aplikasi tersebut terdapat beragam efek dengan ukuran foto yang fleksibel serta dapat mengunggah 8 foto sekaligus sehingga memiliki nilai pembeda dengan Instagram. Bagi foto terbaik dapat disebarluaskan oleh admin Asus ZenCircle secara global sehingga dapat dilihat oleh user Asus ZenCicle di berbagai negara.

"Tentu banyak sekali orang yang menganggap bahwa aplikasi ini mirip dengan Instagram namun reaksi yang kami dapatkan rupanya sangat antusias, terbukti sejak Agustus 2015 dalam versi beta tercata ada 98.111. user yang mengunduh ZenCircle, 39.265 user terdaftar di aplikasi ini dan sebanyak 50.713 foto sudah diunggah," papar Brama.

Tersedia secara bertahap di beberapa negara seperti, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Filipina, Indonesia, Korea Selatan, Kanada, Amerika Serikat, dan India, tercatat sekitar 21,19% dari seluruh pengguna global merupakan pengguna ZenCircle yang berasal dari Indonesia.

Cahyandaru Kuncorojati
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1091 seconds (0.1#10.140)