Langkah Aman Pakai Pelurus Rambut

Rabu, 09 September 2015 - 09:36 WIB
Langkah Aman Pakai Pelurus Rambut
Langkah Aman Pakai Pelurus Rambut
A A A
Pelurus rambut atau flat iron sering kali digunakan wanita untuk mendapatkan tampilan rambut lurus secara instan. Namun, alat tersebut berisiko membuat rambut menjadi rusak.

Karena itu, beberapa ahli kecantikan mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Tren rambut lurus sebenarnya sudah dipopulerkan sejak akhir tahun 1990 oleh girlband asal Inggris, Atomic Kitten, dan bintang serial drama Friends , Jennifer Aniston. Merekalah yang secara tak langsung memopulerkan pelurus rambut pertama Good Hair Day (GHD).

Suhu maksimum GHD untuk meluruskan rambut biasanya 185 derajat Celsius. “Suhu 185 derajat Celsius adalah suhu optimal untuk membentuk atau bahkan meluruskan rambut. Apabila Anda menggunakan suhu di tas 185 derajat Celsius, maka bisa menyebabkan kerusakan permanen di rambut Anda, “ tutur Dr Tim Moore, kepala kantor teknologi penciptaan GHD, seperti dilansir Vogue.co.uk.

Menurut Dr Tim, kebanyakan pelurus modern saat ini memiliki pengaturan panas hingga 230 derajat Celsius. Hal itu secara singkat dapat meluruskan rambut, juga membuat efek buruk di rambut, seperti kering dan bercabang. Iain Sallis, consultant trichologist (pemulihan rambut), dalam informasi yang dilansir dari Dailymail.co.uk, mengatakan, “Saya sering melihat wanita panik karena rambut mereka tampaknya telah mulai rontok.

Namun, pada kenyataannya, rambut mereka hanya putus akibat kecanduan pelurus rambut.” Menurut Sallis, apabila dilihat dalam mikroskop, maka akan terlihat jelas kutikula rambut yang bersisik dan saling tumpang tindih. Sallis mengatakan bahwa kecanduan pelurus rambut dimulai ketika wanita menggunakan pelurus rambut secara teratur pada suhu tinggi.

“Pelurus yang mudah digunakan, membuat wanita menjadi bergantung pada mereka (pelurus rambut). Namun, terlalu banyak panas dan tanpa perlindungan memadai membuat rambut kering dan keriting,” imbuh Sallis. Philip Kingsley, seorang trichologist lainnya, mengatakan ada salah satu solusi untuk mencegah atau bahkan mengatasi kerusakan rambut akibat penggunaan pelurus rambut yang berlebihan.

Caranya dengan menggunakan kondisioner sebelum keramas. Meskipun cara ini terdengar kurang lazim karena biasanya orangorang menggunakan sampo dulu sebelum menggunakan kondisioner, menurut Kingsley, ini cara yang lebih efektif. Kondisioner memiliki kandungan yang lebih kaya dibandingkan dengan sampo.

Kingsley mengatakan sampo sebenarnya berfungsi membersihkan rambut, bukan menutrisi rambut layaknya kondisioner. “Gunakan kondisioner dengan ujung jari, lalu usapkan di ujung rambut, kemudian biarkan selama 20 menit atau lebih. Setelah itu cuci dengan sampo,” ujar Kingsley.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)