alexametrics

Surga Bagi Shopaholic di V&A Waterfront

loading...
Surga Bagi Shopaholic di V&A Waterfront
IST
A+ A-
V&A Waterfront atau Victoria & Alfred Waterfront merupakan bagian dari Pelabuhan Table Bay, pelabuhan utama di Cape Town, Afrika Selatan, yang disulap menjadi kawasan turis.

Di sini terdapat beberapa mal, pusat kerajinan, panggung musik terbuka, hingga restoran pinggir dermaga dengan pemandangan laut dan gunung yang menakjubkan. Saat ini Cape Town, ibu kota legislatif Afrika Selatan, dianggap sebagai salah satu kota paling multikultural di dunia karena menjadi destinasi utama bagi imigran dan ekspatriat di Afrika Selatan.

Cape Town memang sejak dulu telah menjadi destinasi wisata paling populer di Afrika Selatan, juga di Benua Afrika pada umumnya. Kota ini memiliki iklim ramah, pemandangan alam indah, infrastrukturnya juga berkembang dengan baik. Cape Town khas dengan warisan arsitektur yang merupakan gabungan dari gaya Belanda, Jerman, Prancis, dan Indonesia.



Lokasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata di sini, yaitu V&A Waterfront yang ramai dikunjungi para wisatawan dunia. Sejarahnya, pada 1860 Pangeran Alfred, putra mahkota kedua Ratu Victoria dari Kerajaan Inggris, memulai pembangunan pelabuhan di Cape Town yang selesai pada 1870. Dermaga ini diberi nama Alfred Basin. Pada 1905 selesai pula dibangun dermaga kedua yang diberi nama Victoria Basin. Bangunan pelabuhan kuno ini sekarang dikembangkan menjadi objek wisata yang dikenal dengan nama Waterfront, dilengkapi pusat perbelanjaan serta sarana hiburan berupa toko, restoran, atraksi kesenian, pemandangan laut dan gunung yang spektakuler, plus akomodasi kelas dunia.

Bagi Anda yang gila belanja, V&A Waterfront seperti surga bagi para shopaholic. Ada lebih dari 450 toko yang terdapat di sini, mulai yang harganya terjangkau hingga merek-merek kelas dunia. Dari toko sepatu, baju, topi, alat kesenian, makanan, peralatan musik, semua ada di sini. Tak heran, lebih dari 23 juta pengunjung per tahun tertarik untuk berbelanja di kawasan wisata pantai ini.

Ada tiga bangunan dan shopping mall besar yang berada di V&A Waterfront. Pertama, Victoria Wharf Shopping Centre. Pusat berbelanjaan ini menyediakan 266 toko yang terdiri dari toko fashion, perhiasan, barang kelontong serta suvenir , juga ada restoran dan bioskop. Pusat belanja lain yaitu The Alfred Mall and Pierhead.

Di sini terdapat pusat perhiasan, kerajinan, dan karya seni khas Afrika Selatan. Ini tentu saja bisa menjadi buah tangan Anda untuk keluarga maupun sahabat di rumah. Di V&A Waterfront juga terdapat The Clock Tower Precinct, yaitu sebuah bangunan yang menjadi ikon untuk jamuan bisnis bergengsi, belanja kelas atas, kedai kopi, dan aktivitas air yang mengasyikkan.

Hal ini menggabungkan pemandangan indah, dengan ruang kantor untuk pengoperasian bisnis internasional. Bayangkan keanggunan dan kegembiraan sebuah konferensi bisnis yang eksotis di tempat ini dengan latar belakang pemandangan gunung dan laut yang memukau mata. Tidak hanya itu, terdapat 10 hotel, 92 restoran dan fine dining , coffee shop, pub & bar, serta fresh market di kawasan ini.

Nah yang menarik dari V&A Waterfront adalah bangunan dari masa kolonial yang masih dipertahankan arsitektur aslinya. Selain itu populasi anjing laut liar di perairan pelabuhan tersebut tidak diusik dan dibiarkan hidup berdampingan dengan kesibukan pelabuhan.

Terletak di jantung kota, V&A Waterfront memiliki pemandangan indah yang langsung menghadap Table Bay Harbor. Di sini juga dapat ditemukan Two Oceans Aquarium yang menghadirkan berbagai macam ikan dan dunia dalam laut.

Rendra Hanggara
(ftr)
preload video
BERITA TERKAIT
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak