Mengapa Orang Korea Tak Memiliki Bau Badan, Ini Alasannya

Jum'at, 10 Maret 2023 - 17:43 WIB
loading...
Mengapa Orang Korea Tak Memiliki Bau Badan, Ini Alasannya
Sebagian besar orang Korea jauh dari masalah bau badan, bahkan mereka tidak memerlukan deodoran meski memiliki aktivitas yang padat. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang menarik dari Korea Selatan . Bukan dari sisi kecantikan dan hiburannya saja, namun terdapat juga fakta menarik tentang orang-orang Korea Selatan.

Ya, sebagian besar orang Korea jauh dari masalah bau badan . Bahkan, mereka tidak memerlukan deodoran meski memiliki aktivitas yang padat.

Seperti para idol K-pop, mereka tidak khawatir dengan keringatnya saat menari, atau berlarian di atas pentas, karena keringat mereka tidak menghasilkan bau tidak sedap yang menyengat.

Baca juga: 7 Artis Korea Cantik Usia 40-an yang Tetap Terlihat Awet Muda

Lantas, kenapa hal tersebut bisa terjadi terhadap orang Korea? Dalam sebuah penelitian, ternyata diketahui bahwa orang Korea bermutasi secara genetik untuk memiliki masalah keringat yang lebih sedikit ketimbang yang lain.

Seperti mengutip laman Korea Times, University of Bristol di Inggris, dalam penelitiannya menemukan bahwa hanya 0,006 persen populasi Korea memiliki gen ABCC11, penyebab utama di balik masalah bau badan.

Penelitian tersebut berlandaskan Allel Frequency Database (ALFRED), sebuah database gen yang dirancang Yale University di Amerika Serikat. Para peneliti menyebutkan jika rasio orang Korea adalah yang terendah di dunia.

"Gen ABCC11 pada dasarnya adalah penentu tunggal apakah Anda menghasilkan bau ketiak atau tidak," ungkap epidemiolog genetik dari University of Bristol, Ian Day, yang menerbitkan makalah tentang gen ABCC11, seperti dilansir laman Live Science pada 2013.

"Penelitian menunjukkan bahwa sementara hanya 2 persen orang Eropa yang kekurangan gen bau, sebagian besar orang Asia Timur dan hampir semua orang Korea kekurangan gen ini," jelas dia.

Pada laman Very Good Light, seorang penulis bernama David Li, juga mencoba mencari jawaban mengenai orang Korea yang jauh dari masalah bau badan. Dia pun menemui dr. Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi, Mount Sinai Hospital di New York, AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)