Tingkatkan Pemahaman Tentang Penyandang Disabilitas, Indonesia-Jepang Perkuat Kemitraan

Jum'at, 10 Maret 2023 - 19:52 WIB
loading...
Tingkatkan Pemahaman Tentang Penyandang Disabilitas, Indonesia-Jepang Perkuat Kemitraan
Indonesia-Jepang memperkuat kemitraan dengan menggelar diskusi dan dialog Japan-Indonesia Roundtable Discussion on Developmental Disorders Learning Session. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Disabilitas perkembangan (developmental disorders) merupakan isu yang kompleks dan berdampak luas pada kualitas hidup dari penyandang disabilitas perkembangan, termasuk individu autistik, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), dan lain sebagainya.

Di Indonesia, 3 dari 10 anak dengan disabilitas tidak memiliki akses untuk sekolah (SUSENAS, 2018). Mereka juga menghadapi kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan serta mengembangkan kemandirian.

Untuk membangun pemahaman mengenai kebijakan dan implementasinya yang dapat mendukung kesejahteraan para penyandang disabilitas perkembangan di Indonesia, The National Center for Persons with Severe Intellectual Disabilities (Nozominosono) dari Jepang berkolaborasi dengan LSPR Institute of Communication and Business of Indonesia, menggelar sesi diskusi dan dialog “Japan-Indonesia Roundtable Discussion on Developmental Disorders Learning Session.”

Dr. Adriana dari Universitas Indonesia yang juga merupakan orangtua dari individu autistik mengungkapkan perspektif positif holistik dalam strategi untuk memahami dan membantu penyandang disabilitas perkembangan dalam memaksimalkan kualitas hidup mereka.



“Fokus pada aspek positif dan mengembangkan potensi mereka (individu disabilitas) secara maksimal. Artinya, jangan hanya melihat kelemahan mereka serta berusaha mengubah penyandang disabilitas untuk berperilaku seperti orang “normal” atau non disabilitas,” ungkap Adriana dalam presentasinya.

Sementara itu, Direktur Departemen Kesejahteraan bagi Anak dengan Disabilitas Perkembangan Jepang, Masaaki Kurihara mengungkapkan pentingnya kerjasama antar lembaga kementerian untuk mengembangkan program-program lintas sektoral.

"Seperti layanan pendidikan khusus, penyediaan informasi untuk disabilitas serta dukungan untuk meningkatkan kesempatan bekerja bagi penyandang disabilitas perkembangan," ungkapnya.

Acara “Japan-Indonesia Roundtable Discussion on Developmental Disorders Learning Session” merupakan kelanjutan dari kolaborasi kegiatan riset internasional tentang disabilitas perkembangan (developmental disorder) di ASEAN yang dilakukan oleh LSPR Institute dan Nozominosono dengan dukungan oleh ERIA.

Acara ini merupakan bagian dari Proyek Riset ERIA tentang Gangguan Perkembangan, kerja sama antara the National Center for Persons with Severe Intellectual Disabilities (Nozominosono) Jepang dan LSPR Institute of Communication and Business-Jakarta Indonesia, di bawah koordinasi dengan the Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA). Acara ini juga diadakan untuk merayakan 65 tahun hubungan diplomatic antara Jepang dan Indonesia.

Di acara learning session yang bertempat di Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Sosial Jepang pada 7 Maret 2023 ini, dibuka oleh the Honorary Excellency (H.E) Shinichi Isa (State Minister of Health, Labour and Welfare of Japan) serta dihadiri oleh H.E Takae Ito (Parliamentary Vice-Minister of Education, Culture, Sports, Science and Technology of Japan) dan jajaran staf dari Kementerian Kesehatan dan Pendidikan di Jepang.

Kedua kementerian ini berbagi pengalaman tentang kebijakan dan implementasi terkait isu kesehatan serta pendidikan untuk penyandang disabilitas perkembangan di Jepang. Acara diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang isu dan situasi penyandang developmental disorder di Indonesia dan Jepang dan memperkuat kemitraan antara Indonesia dan Jepang dengan membangun basis pertukaran dan dialog perwakilan kedua negara.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)