alexametrics

Ami Awards 2015 Stop Pembajakan

loading...
Ami Awards 2015 Stop Pembajakan
(kiri-kanan duduk) Ketua Umum AMI Awards Tantowi Yahya, Board of Director AMI Awards Seno M Hardjo, Director Programming & Production RCTI Dini Putri, dan Head of Production RCTI Untung Pranoto berfoto bersama nominasi peraih penghargaan AMI 2015 di MNC T
A+ A-
Siapa musisi yang paling digandrungi saat ini? Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards ke-18 telah memilahnya melalui nominasi yang diumumkan, kemarin. Mereka yang masukdaftar kategori adalah nama-nama yang tengah naik daun berkat karya yang dihasilkan.

Kategori artis solo wanita pop misalnya, Andien akan bersaing dengan Bunga Citra Lestari, Fatin Shidqia Lubis, Krisdayanti, Maudy Ayunda, dan Rossa. Sementara penyanyi Afgan, Anji, Judika, Tulus, dan Virzha akan saling mengalahkan pada kategori artis solo pria pop. “(AMI ) Semakin mendebarkan karena persaingan semakin tajam, apalagi kita juga memekarkan periode penilaian dari satu tahun menjadi satu setengah tahun.

Hal ini kami khususkan pada AMI Awards ke-18,” kata Ketua Umum AMI Awards Tantowi Yahya saat jumpa pers di Auditorium MNC Tower, Jakarta, kemarin. Rentang waktu penilaian ini mengacu pada fenomena industri musik yang mengalami masa subur. Tahun ini produksi album mencapai 225 judul, sedangkan untuk single ,mencapai 506 judul, dangdut 175 karya.



“Yang mengagetkan adalah tumbuh kembangnya musik anak. Tahun ini tembus hingga 70 karya. Sementara R&B dan jazz 35 karya,” tambah Board of Director AMI Awards Seno M Hardjo. Melihat karya tahun ini cukup melegakan bagi perkembangan industri musik, meski sales format musik sekarang sudah beralih ke digital.

Tak heran jika penjualan fisik CD semakin mengecil, bahkan untuk penjualan dalam bentuk kaset hampir punah. Namun, yang membuat para pelaku seni gigit jari adalah maraknya pembajakan. Untuk itu, pada AMI Awards kali ini dipilih tagline “Stop Pembajakan”.

“Kita tengah bergerak ke era digital format, kemudian para pembajak ini muncul dalam bentuk yang lain,” kata Gumilang Ramadhan. Managing Director RCTI Kanti Mirdiati mengatakan, RCTI akan tetap mendukung penuh musik Indonesia. Salah satunya menggelar ajang penghargaan AMI di stasiun televisi swasta pertama di Indonesia ini.

“Kami sudah bekerja sama lebih dari satu dasawarsa dan kami sudah membuat perpanjangan nota kontrak kerja sama hingga 2019. Ini (AMI Awards ) adalah bentuk kepedulian RCTI terhadap musik Indonesia,” kata Kanti. Perhelatan AMI Awards akan disiarkan langsung RCTI dari Ecovention, Ancol, Jakarta, pada Selasa (22/9) pukul 21.30 WIB.

Acara dikemas secara elegan dan menghibur. Salah satunya dari musisi yang tampil, di antaranya band Repvblik, Kotak, Isyana Sarasvati, Fatin Shidqia Lubis, Sheila On7, dan Kunto.

Tedy /Thomas
(ftr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak