alexametrics

Dewa Budjana Garap Proyek Iseng

loading...
Dewa Budjana Garap Proyek Iseng
.
A+ A-
DEWA Budjana termasuk gitaris yang produktif. Dia tidak saja concern bersama band Gigi, juga selalu menelurkan album solo gitar setiap tahun.

Namun, proyek album yang dibuatnya ini dilakukan hanya iseng. Budjana mengaku memanfaatkan waktu kosong dari jadwal manggung bersama Gigi untuk membuat album. Keisengan ini lama kelamaan menjadi ritual khusus yang dilakukan setiap tahun. “Ya sebetulnya bukan ditargetkan atau direncanakan membuat album solo gitar setiap tahunnya, tapi akhirnya ada kebiasaan atau ritual seperti itu. Jadi, diteruskan saja bikin album solo gitar.

Teman Gigi begitu mendukung menjalankan proyek album gitar solo ini,” kata Budjana. Tidak sulit bagi Budjana untuk menuangkan ide-idenya menjadi musik yang indah dalam sebuah gitar. Gaya bergitar Budjana yang banyak dipengaruhi oleh gitaris Pat Metheny dan Bill Frisell ini selalu memberi benang merah untuk lagu yang dibuat, yakni membawa garis Nusantara, baik dari segi judul maupun musiknya.



“Kalau tema dan inspirasi lagu-lagu instrumen, saya ambil berdasarkan situasi yang ada dan saya rasakan. Tapi yang menjadi pakem tiap album itu ada garis Nusantara, baik judul maupun sound-nya,” kata suami Putu Borawati ini. Produktivitas gitaris kelahiran, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, 30 Agustus 1963 dalam bermusik ini tak hanya berhenti pada album solo gitar.

Pada Minggu (20/9) ini, Budjana akan bertolak ke Praha, Ceko. Dia akan merekam lima lagu bersama Tohpati dan berkolaborasi dengan kelompok orkestra setempat.

Thomasmanggalla
(ars)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak