Pinocchio Buka Malam Penghargaan Oscar 2023 dengan Menangkan Kategori Animasi Terbaik

Senin, 13 Maret 2023 - 08:37 WIB
loading...
Pinocchio Buka Malam Penghargaan Oscar 2023 dengan Menangkan Kategori Animasi Terbaik
Film animasi Pinocchio garapan sineas asal Meksiko Guillermo del Toro menjadi karya pertama yang diumumkan sebagai pemenang Oscar 2023. Foto/Getty Images
A A A
LOS ANGELES - Film animasi Pinocchio garapan sineas asal Meksiko Guillermo del Toro menjadi karya pertama yang diumumkan sebagai pemenang Oscar 2023. Film ini memenangkan kategori Best Animated Feature, mengalahkan Turning Red, The Sea Beast, Marcel the Shell with Shoes On, dan Puss in Boots: The Last Wish.

Kemenangan Pinocchio di Academy Awards 2023 menandai ketiga kalinya Guillermo del Toro meraih piala Oscar sebagai sutradara dan penulis skenario. Tapi, untuk kategori animated feature, ini baru pertama kali.



Pinocchio karya Guillermo del Toro juga menandai kali pertama bagi Netflix memenangkan Best Animated Feature di Oscar. Juga untuk Mark Gustafson, sang sutradara.

"Animasi adalah sinema," kata del Toro, dikutip dari Deadline, Senin (13/3/2023).

"Animasi bukanlah suatu genre dan animasi bisa dibawa ke langkah selanjutnya. Kami semua siap untuk itu. Tolong bantu kami menjaga animasi tetap dalam pembicaraan," katanya.

Menurut Deadline, film Pinocchio yang dihadirkan Guillermo del Toro menyuguhkan sesuatu yang fresh di kategori animasi. Film tersebut menghadirkan adaptasi stop-motion yang menakjubkan secara visual dari dongeng terkenal Pinocchio. Sang sutradara menghidupkan sosok Pinocchio dengan cara berbeda.



Dijelaskan di sana, setelah kehilangan putranya, Carlo, akibat bom udara, pemahat kayu bernama Geppetto (David Bradley) mengukir anak kayu dari pohon di kuburan Carlo. Wood Sprite menghidupkan boneka kayu itu, lalu menamainya Pinocchio (Gregory Mann).

"Film ini adalah bentuk seni yang kami sukai, menghadirkan stop-motion yang hidup dan begitu indah," kata sang sutradara, Mark Gustafson.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)