Aktor Berdarah Vietnam Ke Huy Quan Sabet Oscar 2023 sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik

Senin, 13 Maret 2023 - 09:06 WIB
loading...
Aktor Berdarah Vietnam Ke Huy Quan Sabet Oscar 2023 sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik
Ke Huy Quan akhirnya membenarkan prediksi banyak pengamat bahwa ia bakal memenangkan Oscar pada tahun ini. Foto/Reuters
A A A
LOS ANGELES - Ke Huy Quan akhirnya membenarkan prediksi banyak pengamat bahwa ia bakal memenangkan Oscar pada tahun ini. Setelah di awal tahun aktor berdarah Vietnam itu meraih piala Golden Globe, Critics Choice, dan SAG untuk kategori pemeran pendukung pria terbaik, kali ini di ajang Oscar, ia kembali meraih trofi untuk kategori yang sama.

Ke Huy Quan menang berkat filmnya Everything Everywhere All at Once. Aktor yang sudah memulai kariernya sejak kanak-kanak ini senang bisa memenangkan Oscar.



“Ibuku berusia 84 tahun dan dia menonton di rumah. Bu, aku baru saja memenangkan Oscar!” seru aktor berusia 51 tahun tersebut sambil menangis saat berpidato panggung, dikutip dari Los Angeles Times, Senin (13/3/2023).

Dalam kategori aktor pendukung terbaik, Quan mengungguli Brendan Gleeson, Brian Tyree Henry, Judd Hirsch, dan Barry Keoghan.

Di film Everything Everywhere All at Once, Quan menunjukkan talenta serbabisa yang mengesankan. Ia memainkan beberapa karakter sebagai pekerja keras dan membosankan, prajurit seni bela diri yang berani, ramah, bahkan menjadi masyarakat kelas atas yang berpengalaman.



Quan bisa masuk ke dalam berbagai genre film, termasuk aksi komedi absurd, drama keluarga, dan romansa. Ke Huy Quan sempat menjadi pusat perhatian berkat pidato kemenangannya di ajang-ajang penghargaan sebelumnya. Seperti dalam SAG Awards, di mana dia berkata sambil menangis, dan mengungkapkan bahwa momen tersebut cukup emosional bagi dirinya.

"Saya diberi tahu menang malam ini. Saya akan menjadi aktor Asia pertama yang memenangkan kategori ini. Ketika saya mendengar hal tersebut, saya segera menyadari bahwa momen ini bukan hanya milik saya, tetapi juga milik semua orang yang meminta perubahan,” ungkap Ke Huy Quan.

Sebelum Oscar, Quan mengumpulkan tidak kurang dari 60 penghargaan untuk penampilannya.

Quan memulai debut akting pada usia 12 tahun, bersama Harrison Ford membintangi film Indiana Jones and the Temple of Doom (1984). Peran Quan yang paling menonjol berikutnya terjadi di tahun setelahnya lewat film The Goonies.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3833 seconds (0.1#10.140)