Michelle Yeoh Orang Asia Pertama yang Sabet Gelar Aktris Terbaik di Ajang Oscar

Senin, 13 Maret 2023 - 11:46 WIB
loading...
Michelle Yeoh Orang Asia Pertama yang Sabet Gelar Aktris Terbaik di Ajang Oscar
Michelle Yeoh menjadi orang Asia pertama yang sukses menyabet gelar aktris terbaik di ajang Academy Awards atau Oscar 2023. Foto/Reuters
A A A
LOS ANGELES - Michelle Yeoh menjadi orang Asia pertama yang sukses menyabet gelar aktris terbaik di ajang Academy Awards atau Oscar 2023. Aktris asal Malaysia ini mampu mengalahkan para nominator lain, yakni Ana de Armas, Cate Blanchett, Andrea Riseborough, dan Michelle Williams, berkat film Everything Everywhere All at Once garapan duo sutradara the Daniels.

Yeoh yang selama ini dikenal lewat film-film action seperti Crouching Tiger Hidden Dragon dan Yes Madam, sangat bahagia menerima trofi pertamanya dari ajang Oscar.



"Untuk kalian semua anak laki-laki maupun perempuan yang terlihat seperti saya menonton acara ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan," kata Yeoh sambil mengangkat pialanya, dikutip dari Variety, Senin (13/3/2023).

"Ini adalah bukti bahwa mimpi bisa menjadi kenyataan. Dan nona-nona, jangan biarkan siapa pun bilang bahwa Anda sudah melewati masa jaya Anda. Jangan pernah menyerah," sambung aktris 62 tahun itu.

Yeoh mendedikasikan piala Oscar yang didapatkannya untuk sang bunda dan juga semua ibu di seluruh dunia. "Mereka benar-benar pahlawan super, dan tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini," kata dia.

Michelle Yeoh menjadi wanita Asia ketiga yang pernah meraih Oscar, namun baru dia yang mendapat predikat aktris terbaik. Sebelumnya aktris Korea Yuh-Jung Youn dan aktris Jepang Miyoshi Umeki, juga pernah menyabet Oscar untuk kategori yang sama, yaitu aktris pendukung terbaik.



"Terima kasih kepada Academy, ini adalah sejarah!" pekik Yeoh, girang.

Michelle Yeoh memang difavoritkan untuk menang di ajang Oscar 2023. Alasannya, di ajang lain di tahun yang sama yaitu SAG Awards, Independent Spirit Awards, dan Golden Globes, mantan Miss Malaysia ini juga sukses merebut trofi kemenangan.

"Saya tidak akan berdiri di sini malam ini tanpa Daniels, tanpa pemain dan kru yang luar biasa, serta semua orang yang terlibat dalam Everything Everywhere All at Once," kata Michelle Yeoh.

“Juga keluarga besar saya di Hong Kong, tempat saya memulai karier. Terima kasih telah membiarkan saya berdiri di pundak Anda," pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)