Ini Dia Mekanik Motor Honda Terbaik di Indonesia

Kamis, 17 September 2015 - 09:24 WIB
Ini Dia Mekanik Motor Honda Terbaik di Indonesia
Ini Dia Mekanik Motor Honda Terbaik di Indonesia
A A A
SEBANYAK 27 mekanik sepeda motor Honda dari Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di seluruh Indonesia berlomba mendapat predikat terbaik dalam kontes keterampilan teknik di Pontianak, Kalimantan Barat.

Proses kompetisi penyisihan dilakukan sejak Jumat (4/9) untuk mencari 10 mekanik terbaik. Lalu, pada Sabtu (5/9), sebanyak 10 mekanik terbaik tersebut bertarung kembali untuk memperebutkan juara I, II, dan III. Hasil final terpilihlah mekanik sepeda motor Honda terbaik nasional. Gelar itu jatuh kepada Endro Setiadji dari main dealer Astra Motor Semarang.

Endro mengantongi skor 802,86 mengungguli dua rekannya, yakni Irawan Setiadi dari main dealer Tunas Dwipa Matra Lampung dengan skor 758,4 serta Tedy Saputra dari main dealer Astra Motor Palembang yang memperoleh skor 753,94. Penilaian didapat dari hasil ujian teori, praktik penggunaan peralatan bengkel, analisis teknis, dan trouble shooting . Endro mengatakan, dalam kompetisi ini yang dipentingkan adalah kematangan mental, bukan sekadar pemahaman tentang bagaimana memperbaiki sepeda motor lagi.

“Sebenarnya kalau secara teknis, semua (mekanik) sudah menguasai motor Honda. Semua mekanik pasti bisa memperbaiki motor, tapi dalam hal ini soal mental. Selain itu, kompetisi ini juga melihat apakah seorang mekanik sudah melakukan SOPnya,” ujar pria berusia 30 tahun asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah itu, Sabtu (5/9) malam. Dia menambahkan, hal-hal yang diuji dalam kompetisi ini sebenarnya adalah keseharian pekerjaan seorang mekanik.

Jadi, mekanik yang tidak terbiasa melakukan SOP dalam menangani motor, dia tidak akan terbiasa. “Kalau tingkat kesulitan sebenarnya tidak ada, tinggal dia biasa atau tidak melakukan SOP,” ungkap pria yang sudah dua kali mengikuti kompetisi keterampilan teknik itu. Berkat prestasi Endro tersebut, maka piala bergilir mekanik terbaik Honda 2015 kembali lagi ke Jawa Tengah.

Tahun lalu pemenang kontes ini juga berasal dari main dealer yang sama. Sementara itu, Endro berhak membawa pulang motor Honda new Sonic 150R serta piala. Kompetisi keterampilan teknik ini diikuti total 7.873 mekanik AHASS dari 29 main dealer motor Honda di seluruh Indonesia. Mereka mengikuti seleksi regional hingga dipilih 27 orang untuk bertarung di Pontianak.

Sementara itu, service advisor terbaik jatuh kepada Abdul Khalim asal dari main dealer Tunas Dwipa Matra Lampung yang memperoleh skor 804,02. Di posisi kedua ada Sulaeman Junaidi dari main dealer Daya Adicipta Musitika Bandung yang memperoleh skor 794. Adapun posisi ketiga ditempati Bikin Mustofa dari main dealer Capela Damanik Nusantara Batam.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5490 seconds (0.1#10.140)