Eranya SUV Supermewah

Kamis, 17 September 2015 - 09:28 WIB
Eranya SUV Supermewah
Eranya SUV Supermewah
A A A
FRANKFURT Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) 2015 resmi dibuka pada Selasa (15/9) lalu. Pameran automotif di Jerman ini jadi tanda dimulainya era mobil special utility vehicle (SUV) supermewah.

Jaguar membuat jantung pengunjung Frankfurt Internationale Automobil- Ausstellung (IAA) 2015 berdegup kencang. Mobil SUV pertama yang dibuat Jaguar, yakni Jaguar F-Pace, akan melakukan gerakan jungkir balik dalam sebuah loopyang disiapkan di ruangan terbuka Franktur IAA 2015.

Tidak hanya sekali, Jaguar F-Pace yang dikendarai stunt driverasal Inggris, Terry Grant, itu harus dua kali berjungkir balik menaklukkan dua looptersebut. Banyak orang yang pesimistis mobil tersebut berhasil melakukannya. Sebaliknya, Jaguar F-Pace berhasil menaklukkan dua looptersebut dengan cepat. Aksi yang disiapkan Jaguar dalam peluncuran Jaguar F-Pace tergolong luar biasa.

Jaguar memang merasa perlu menampilkan mobil tersebut dengan cara yang unik karena memang di Frankfurt IIA 2015 beberapa produsen mobil mewah telah menyiapkan mobil dengan segmen yang sama. Ambil contoh Bentley yang menghadirkan Bentley Bentayga. Seperti Jaguar F-Pace yang jadi mobil SUV pertama yang diproduksi Jaguar, Bentley Bentayga juga merupakan SUV pertama dalam sejarah Bentley. Bentley memang tidak menyiapkan acara istimewa dalam memperkenalkan SUV pertama mereka itu.

Namun, klaim mereka yang menyebut Bentley Bentayga sebagai SUV terkencang di dunia, pasti akan membuat nyali produsen mobil apa pun akan bergetar. Populasi mobil-mobil SUV supermewah memang diperkirakan terus berkembang pesat. Fankfurt IAA 2015 hanyalah titik awal ketika mobil-mobil tersebut sudah semakin jelas terlihat. Henner Lehne, Forecast Director IHS Automotive, mengatakan segmen SUV supermewah memang akan mengalami perkembangan.

“Mereka melihat keberhasilan Porsche dalam menjual Cayenne yang pertama kali debut pada 2002. Lihat saja mobil Porsche apa yang paling laris hingga kini, bukan 911, dan bukan juga Panamera, tapi Porsche Cayenne,” ujarnya. Henner Lehne mengatakan segmen SUV supermewah akan berkembang pesat. Penjualan mobil tersebut, dia yakini akan mencapai 1,4 juta unit dari periode 2008-2014.

Prediksi Henner Lehne bakal menjadi kenyataan. Itu karena produsen mobil supermewah lainnya, seperti Aston Martin dan Rolls-Royce, memang tengah menyiapkan SUV pertama mereka. Keduanya memang kalah cepat dibandingkan Bentley dan Jaguar. Namun, penggemar setia Rolls-Royce dan Aston Martin pasti rela menunggu untuk jadi yang pertama mencoba SUV perdana kedua mobil tersebut.

Diketahui Rolls- Royce akan membuat Rolls-Royce Cullinan sebagai SUV pertama mereka. Aston Martin akan membuat Aston Martin Lagonda dan Lamborghini akan memproduksi massal SUV mereka, Lamborghini Urus. Belum lagi Maserati yang sepertinya kurang puas dengan hasil SUV perdana mereka, Maserati Kubang.

Maserati akan menghadirkan Maserati Levante awal tahun depan yang akan head to headdengan Bentley Bentayga, Rolls- Royce Cullinan, dan Aston Martin Lagonda.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6871 seconds (0.1#10.140)