Main Gadget di Toilet Bisa Sebabkan Wasir, Begini Cara Mencegahnya

Selasa, 14 Maret 2023 - 14:22 WIB
loading...
Main Gadget di Toilet Bisa Sebabkan Wasir, Begini Cara Mencegahnya
Wasir bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya kebiasaan tidak sehat atau buruk seperti bermain gadget atau ponsel di toilet dalam waktu yang lama. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Wasir bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya kebiasaan tidak sehat atau buruk seperti bermain gadget atau ponsel di toilet dalam waktu yang lama.

Namun, banyak yang tidak menyadari bahaya ini. Bahkan, bermain gadget di toilet sudah menjadi kebiasaan banyak masyarakat Indonesia yang berujung pada wasir atau ambeien .

"Paling sering dialami semua orang itu bermain gadget di toilet," kata Direktur Vena Wasir Center Abdur Rahman, S.I.Kom di iNews Tower, Selasa (14/3/2023).

"Inilah salah satu kebiasaan yang buruk yang justru menekan anus lebih lama bisa memicu luka berdarah (wasir)," sambungnya.



Untuk mencegah wasir, pria yang akrab disapa Oman itu menyarankan untuk buang air besar (BAB) tidak lebih dari lima menit hingga 10 menit. Hindari juga penggunaan toilet duduk yang bisa memicu tekanan penyebab wasir.

"BAB itu seperti mau kencing ada rasa, dan BAB idealnya kurang lebih lima sampai 10 menit," jelas Oman.

Wasir, diungkap Oman juga bisa dipicu karena gaya hidup tidak sehat seperti kurang konsumsi serat. Ibu hamil juga memiliki risiko besar mengalami wasir.

"Konsumsi kurang serat pola hidup tidak sehat. Ibu hamil karena mengejan, lahiran normal itu bisa wasir," ujar Oman.



Oman pun menyarankan untuk segera kunjungi dokter jika mengalami sejumlah gejala. Mulai dari keluar darah segar saat buang air, jaringan yang menonjol di luar lubang anus, nyeri dan muncul pembengkakan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)