Kisah Suka Duka Cosplayer di Dunia Cosplay, Hobi yang Menyenangkan tapi Tak Mudah

Selasa, 14 Maret 2023 - 22:59 WIB
loading...
Kisah Suka Duka Cosplayer di Dunia Cosplay, Hobi yang Menyenangkan tapi Tak Mudah
Cosplay merupakan seni pertunjukan di mana para pesertanya mengenakan kostum dan make-up, yang mewakili karakter dari anime, video game, televisi, dan film. / Foto: istimewa
A A A
JAKARTA - Mungkin Anda sering mendengar kata cosplay ? Tapi tahukah Anda apa makna sebenarnya dari istilah tersebut?

Seperti mengutip Lib Guides, cosplay merupakan seni pertunjukan di mana para pesertanya mengenakan kostum dan make-up, yang mewakili karakter dari anime , video game, televisi, dan film.

Selain membuat kostum autentik, para pelaku cosplay atau biasa disebut cosplayer juga bertindak dalam karakter, dan biasanya merupakan ahli materi pelajaran tentang karakter yang mereka tiru.



Di Jakarta sendiri, ada banyak orang yang begitu gemar meniru suatu karakter dan memutuskan menjadi cosplayer. Cosplayer ini identik sering meniru gaya busana karakter anime khas Jepang.

Salah satunya, Jocelyn, cosplayer asal Bali. Jocelyn mengaku telah menggeluti dunia cosplayer sejak 2015. Hal ini bermula dari kesukaannya pada karakter anime yang membuatnya ingin terus meniru gaya tokoh tersebut.

"Aku jadi cosplayer sejak 2015, awalnya aku ingin menjadi karakter yang saya sukai," ungkap Jocelyn saat dihubungi MNC Portal, Selasa (14/3/2023).

Bicara hobi sebagai seorang cosplayer, tentu tak jarang mereka akan bergabung ke suatu komunitas. Jocelyn mengaku dirinya sering berkumpul bersama cosplayer lain dalam suatu komunitas yang dia ikuti.

"Dulu saya mengikuti komunitas daerah saya yaitu Cosuwangi, mereka mengajarkan banyak hal tentang cosplay," ujarnya.

Kisah Suka Duka Cosplayer di Dunia Cosplay, Hobi yang Menyenangkan tapi Tak Mudah
(Foto: istimewa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)