Tips Puasa untuk Anak Penderita Diabetes, Orang Tua Wajib Tahu!

Jum'at, 17 Maret 2023 - 11:56 WIB
loading...
Tips Puasa untuk Anak Penderita Diabetes, Orang Tua Wajib Tahu!
Anak penderita diabetes bisa mengikuti puasa selama bulan Ramadhan. Ada beberapa tips yang harus diketahui para orang tua agar kesehatan tidak terganggu. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Anak penderita diabetes bisa mengikuti puasa selama bulan Ramadhan. Hanya saja, ada beberapa tips yang harus diketahui para orang tua agar ibadah ini berjalan lancar dan kesehatan tidak terganggu.

Dokter Anak Konsultan Endokrinologi dr Aditya Suryansyah, Sp.A (K) mengatakan ada dua hal yang harus diperhatikan orang tua jika anak dengan diabetes ingin menjalankan puasa selama bulan Ramadhan.

Hal pertama adalah mengontrol gula darah. Kemudian pastikan kondisi anak dalam keadaan sehat, yaitu tidak terlihat pucat atau menunjukkan gejala diabetes.

"Ya pasti adalah satu anaknya sehat, tidak sakit. Kedua HbA1c-nya yang sebaiknya di bawah 8. Sebaiknya juga melakukan kontrol untuk mengecek gula darahnya," kata dr Adit di RSAB Harapan Kita, Jakarta pada Kamis, 16 Maret 2023.



Pemeriksaan kadar gula darah pada anak dengan diabetes, dijelaskan dr Adit harus dilakukan minimal tiga kali dalam sehari yaitu sebelum sarapan, makan siang dan makan malam. Hal ini untuk mengontrol dan memastikan kondisi anak.

Namun, jika anak tiba-tiba terlihat pucat dan lemas saat puasa, dr Adit menyarankan untuk membatalkan puasa.

"Cara cek gula darah untuk diabetes pada anak ya minimal tiga kali sehari. Sebelum makan sarapan, siang dan sebelum makan malam," jelas dr Adit.

"Gula darah itu kalau puasa tidak sering (naik) begitu. Mungkin kalau bisa siang hari kan puasa, kita harus lihat nih kondisinya apakah lemas atau pucat, kalau gitu batalin," tambahnya.



Dilansir dari Mayo Clinic, gejala diabetes meliputi lebih haus dari biasanya, sering buang air kecil, berat badan turun tanpa alasan yang jelas, adanya keton dalam urine, dan merasa lelah atau lemah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)