Wah, Karakter One Piece Tak Melulu WN Jepang!

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 20:30 WIB
Wah, Karakter One Piece Tak Melulu WN Jepang!
Wah, Karakter One Piece Tak Melulu WN Jepang!
A A A
TOKYO - Diciptakan di Jepang tak lantas membuat karakter One Piece punya status kewarganegaraan yang sama. Justru, mereka punya status yang berbeda.

Di setiap ceritanya, sejumlah karakternya tak melulu berbahasa Jepang. Masing-masing tokoh manga ini fasih berbahasa asing seperti Inggris, Prancis dan Spanyol.

Mengutip Rocket News 24, penulis One Piece, Eiichiro Oda, mengarakteristikkan kewarganegaraan tiap karakter manga itu. Apa saja?

Menurut Oda, Luffy adalah warga negara Brasil. Sementara, Zoro dari Jepang, Nami dari Swedia, Ussopp dari Afrika, Sanji dari Prancis, Chopper dari Kanada, Robin dari Rusia, Franky dari Amerika Serikat dan Brook dari Austria.

Pernyataan Oda terkait kewarganegaraan karakter One Piece itu justru memicu debat di kalangan netizen Jepang. Sejumlah pengguna situs 2channel menyebut Luffy bisa jadi keturunan campuran Jepang/Brasil, karena negara itu punya populasi Jepang terbesar di luar negeri. Sementara, sebagian orang kecewa karena Usopp ternyata berasal dari Afrika, bukan India atau Italia. Banyak netizen yang tidak yakin mengapa Zoro adalah warga negara Jepang.

One Piece adalah sebuah anime dan manga yang mengisahkan tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin Monkey D Luffy. Mereka menjelajah lautan untuk mencari harta karun legendaris bernama One Piece. Luffy kemudian menjadi manusia karet yang memiliki kekuatan memanjangkan tubuhnya setelah tak sengaja memakan salah satu buah iblis, Gomu. Selama perjalanan Luffy banyak bertemu teman baru dan musuh yang beragam.

Manga One Piece kali pertama terbit pada 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Anime-nya di televisi mulai tayang pada Oktober 1999.

Di Indonesia, manga ini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Versi TV-nya, yang diproduksi Toei, telah mencapai 500 episode di Jepang. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012.

Pada Februari 2005, One Piece mencetak rekor di Jepang sebagai penerbitan manga yang tercepat mencapai 100 juta eksemplar. Hingga saat ini, One Piece adalah salah satu manga paling laris sepanjang sejarah Jepang dengan penjualan lebih dari 260 juta kopi.

Selain itu One Piece juga memecahkan rekor sebagai manga dengan cetakan pertama terbanyak. Manga ini banyak mendapat pujian di antara para pembaca, terutama dalam hal gambar, karakter, humor, dan cerita.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4701 seconds (0.1#10.140)