Jelang Ramadan 2023, Ustaz Solmed Ingatkan Pentingnya Ziarah Kubur

Minggu, 19 Maret 2023 - 16:01 WIB
loading...
Jelang Ramadan 2023, Ustaz Solmed Ingatkan Pentingnya Ziarah Kubur
Ustaz Solmed saat mengisi ceramah di acara ziarah akbar yang digelar di Al Azhar Memorial Garden. Foto/Thomas Manggalla
A A A
JAKARTA - Pendakwah Ustaz Solmed mengingatkan tentang pentingnya ziarah kubur, terutama saat menjelang Ramadan. Sebab, tujuan dari ziarah kubur itu senantiasa mengingatkan bagi yang masih hidup untuk giat menjalankan amal ibadah.

Hal itu disampaikan Ustaz Solmed dalam ziarah akbar yang digelar di Al Azhar Memorial Garden, Karawang, Jawa Barat, Sabtu 18 Maret 2023. Ia juga menjelaskan tentang pentingnya meningkatkan amal ibadah.

"Kalau sudah wafat terputuslah semua amal, tidak bisa ibadah lagi, tidak bisa sedekah lagi, tak bisa lagi melakukan kebaikan di dunia, kecuali tiga amal yang dipunya, satu ilmu yang bermanfaat, sedekah jariyah, doa dari anak soleh," kata Ustaz Solmed, kemarin.

"Ziarah bukan hanya mengingatkan akan kematian tetapi juga akan lebih menghargai kehidupan yang ada di sekitar kita," tambahnya.



Ia menjelaskan kegiatan ziarah kubur bisa menjadi momen yang baik untuk mengingatkan kaum muslimin tentang kehidupan akhirat dan memperkuat tali silaturahmi dengan keluarga atau teman yang telah meninggal.

"Namun, kita harus tetap menjalankan kegiatan ini dengan cara yang baik dan benar, serta tidak bertentangan dengan ajaran agama," ungkapnya.

Menurutnya, menjelang Ramadan di Indonesia ziarah kubur seolah sudah menjadi tradisi yang melekat di masyarakat. Saat ziarah bukan hanya mendoakan keluarga yang telah meninggal tetapi juga merawat sekaligus membersihkan makam.

Maka dari itu penting dalam berziarah kubur untuk memahami nilai-nilai yang sesuai dengan syariah Islam. Seperti ziarah akbar yang digelar di Al Azhar Memorial Garden ini bertujuan untuk mengingatkan diri akan tibanya kematian kepada setiap orang.



"Ziarah kubur yang disyariatkan bertujuan untuk mengingat mati, akhirat, serta memberikan salam dan mendoakan atau memohonkan ampun untuk ahli kubur," ungkapnya.

Ustaz Solmed mengungkapkan bahwa Al Azhar Memorial Garden menjadi tempat pemakaman yang ramah bagi para peziarah dengan sejumlah fasilitas dan pelayanannya. Tak perlu khawatir makam akan terinjak oleh peziarah karena sudah tersedia walkway di setiap makam.

Peziarah pun juga akan merasa nyaman dengan konsep taman di Al Azhar Memorial Garden sehingga bisa berdoa dengan khusyuk untuk ahli kubur, apalagi tersedia fasilitas pelayanan ziarah 24 jam dan pemeliharaan rumput bebas biaya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)