Sambut Ramadan, Shireen Sungkar Siapkan Trik untuk Semangati Anak-Anaknya Berpuasa

Senin, 20 Maret 2023 - 18:10 WIB
loading...
Sambut Ramadan, Shireen Sungkar Siapkan Trik untuk Semangati Anak-Anaknya Berpuasa
Shireen Sungkar menyambut Ramadan yang sebentar lagi tiba dengan penuh suka cita sekaligus merasa tertantang. Foto/Instagram Shireen Sungkar
A A A
JAKARTA - Shireen Sungkar menyambut Ramadan yang sebentar lagi tiba dengan penuh suka cita sekaligus merasa tertantang. Tantangan itu terkait bagaimana Shireen dapat membangun semangat anak-anaknya untuk berpuasa full selama satu bulan.

Diketahui, Shireen kini memiliki tiga anak yang sedang dilatih untuk berpuasa. Adam si sulung, sudah mulai belajar berpuasa sejak tiga tahun terakhir. Sementara anak kedua Shireen, yakni Hawa yang berusia enam tahun, baru akan memulai "pelajaran" berpuasanya pada tahun ini.



Karena masih kanak-kanak dan baru di tahap awal melatih berpuasa, Shireen tak mau memaksakan buah hatinya untuk menjalankan rukun Islam yang keempat itu. Kendati demikian, artis 30 tahun ini harus tetap punya trik agar bisa membangun semangat puasa anak-anaknya. Misalnya dengan menciptakan suasana Ramadan sedemikian rupa supaya senantiasa menjadi momen yang dinanti-nantikan.

"Saya mengajarkan anak-anak berpuasa sesuai umurnya saja. Tidak boleh dipaksa, karena toh mereka memang belum wajib berpuasa. Tapi, saya selalu ingin membuat Ramadan menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh mereka," kata Shireen dalam acara Gathering Keju KRAFT Ramadhan Campaign 2023 di Jakarta, Senin (20/3/2023).

Menurut Shireen, meski anak-anaknya cukup bersemangat menanti Ramadan dan bahkan suka bersedih ketika akan masuk bulan Syawal, namun bukan berarti si buah hati tidak pernah mengeluh selama menjalankan puasa. Ada kalanya anak Shireen menangis minta puasanya disudahi karena lapar, atau mengeluh karena jam berbuka tak bisa dimajukan.



"Dramanya pasti ada. Adam itu kalau jam 4 sore suka menangis kelaparan. Ngeluh, 'Mami doaku nggak dikabulkan Allah karena kok aku minta maghribnya sekarang nggak bisa'," cerita Shireen, seraya tertawa.

Di sinilah Shireen tertantang untuk terus menyemangati anak-anaknya. Yang mudah dilakukannya adalah membuat makanan enak dan istimewa untuk Adam beserta adiknya, baik saat berbuka maupun sahur.

"Pokoknya bagaimana caranya menjadikan momen buka dan sahur itu sesuatu yang fun karena ada yang spesial," kata Shireen, yang mengaku akan mengurangi jam kerjanya selama Ramadan nanti.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3616 seconds (0.1#10.140)