Cara Kerja dan Keuntungan Lampu LED yang Wajib Diketahui

Selasa, 21 Maret 2023 - 09:08 WIB
loading...
Cara Kerja dan Keuntungan Lampu LED yang Wajib Diketahui
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Lampu LED (Light Emitting Diode) dikenal memiliki usia pakai yang lebih efisien dibandingkan lampu bohlam. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan lampu yang satu ini di rumah mereka. Namun, tahukah Anda sebenarnya fungsi lampu LED?

Lampu LED adalah komponen elektronik yang memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. Karena LED tidak memerlukan pembakaran filamen, sehingga tidak menimbulkan panas dalam menghasilkan cahaya.



Cara kerja lampu LED

Cara kerja lampu LED mirip dengan cara kerja Dioda yang memiliki 2 kutub yakni kutub positif dan kutub negatif. Lampu LED yang memiliki chip semikonduktor yang akan menimbulkan junction positif dan negatif dan menghasilkan kelistrikan.

Lampu LED memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju yang dapat digolongkan sebagai transduser yang berperan untuk mengubah energi listrik menjadi energi cahaya.

Sederet keuntungan kalau Anda menggunakan lampu LED

Efisiensi listrik lebih baik

Lampu LED memiliki usia pakai dan efisiensi listrik beberapa kali lipat lebih balik daripada lampu pijar dan tetap jauh lebih efisien daripada lampu neon. Beberapa chip bahkan dapat menghasilkan lebih dari 300 lumen per watt.



Aman dan ramah lingkungan

Lampu LED membutuhkan daya listrik yang lebih kecil sehingga energi yang diperlukan menjadi lebih rendah, serta tidak dibekali dengan kandungan merkuri sebagai bahan kimia yang berbahaya.

Dalam artian, jika lampu LED mati dan hendak dibuang, tidak akan mengontaminasi lingkungan. Lampu LED pun dapat menciptakan penerangan menyeluruh dan fokus, sehingga lampu ini tidak akan mengganggu kesehatan mata dibanding lampu pijar.

Hemat energi = hemat uang!

Lampu LED memiliki daya yang menghabiskan 90% listrik lebih rendah daripada lampu bohlam atau lampu lainnya. Lampu ini juga menghasilkan panas yang lebih rendah dan dapat mengurangi temperatur dalam rumah dan mengurangi beban dan air conditioner.

Dengan memakai lampu LED, tentu saja Anda dapat mengurangi tagihan listrik dan menghemat lebih banyak uang. Apalagi kalau beli lampu LED-nya di AladinMall, kebetulan lagi ada Promo Hannochs Lampu LED NEX 9 watt CDL 2 pcs seharga Rp33.800 saja dari harga normal Rp60.200. Lumayan kan diskonnya 43%!

Akan tetapi, promonya hanya berlangsung sampai 31 Maret 2023 saja! Makanya, pastikan Anda segera borong produknya supaya nggak menyesal di kemudian hari karena kehabisan ya. Soalnya, Hannochs merupakan lampu LED berkualitas tinggi dengan desain yang elegan!

Selain bisa dapat harga super hemat, belanja di AladinMall juga gratis ongkir tanpa batas lho!

Apalagi saat ini lagi ada Promo #BukanRamadanBiasa di AladinMall! Makanya, penuhi segera semua kebutuhan Anda selama puasa hingga lebaran di AladinMall ya karena selain harganya super hemat, belanja di sini juga gratis ongkir tanpa batas jika Anda memilih opsi pengiriman dari SAP Express lho!

Informasi AladinMall

AladinMall merupakan platform belanja online yang berada di bawah naungan perusahaan multinasional MNC Group. Dengan belanja di AladinMall, apa pun kebutuhan Anda bisa didapat dengan lebih praktis, super hemat, serta gratis ongkir ke seluruh Indonesia (dengan syarat dan ketentuan yang berlaku).

Pastikan Anda tidak ketinggalan dengan informasi seputar promo lainnya. Untuk kabar terbaru, ikuti akun Instagram @aladinmall.id. Selain itu, Anda juga bisa melakukan kunjungan ke situs resmi AladinMall di AladinMall.id dan klik di bagian banner bertuliskan promo, atau akses melalui aplikasi Mister Aladin di Google Play Store atau App Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)