Tips Sederhana Ringankan Kegiatan Mencuci saat Ramadan, Patut Dicoba

Selasa, 21 Maret 2023 - 20:00 WIB
loading...
Tips Sederhana Ringankan Kegiatan Mencuci saat Ramadan, Patut Dicoba
Ilustrasi mencuci pakaian (foto dok: polytron.co.id)
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi waktu spesial bagi umat muslim, terlebih bagi para Moms di rumah. Biasanya, jadwal dalam mengerjakan kegiatan di rumah juga berubah. Dengan berpuasa biasanya kegiatan para Moms cenderung lebih intens, terutama kegiatan memasak. Tak heran, dalam kegiatan lain, para Moms akan mencari cara agar lebih menghemat energi, salah satunya mencuci, menggunakan mesin cuci.

Selain bisa menghemat waktu dan tenaga mencuci dengan mesin cuci juga praktis. Para Moms dapat mencuci pakaian keluarga sambil mengerjakan kegiatan rumah yang lain. Meski praktis, namun agar mendapatkan hasil yang maksimal, perlu memperhatikan hal tertentu, salah satunya teknik pemisahan pakaian berdasarkan kriteria tertentu. Pemisahan pakaian berdasarkan bahan dan warna sangat penting agar pakaian tidak rusak dan bersih maksimal.

Berikut ini adalah beberapa tips memisahkan pakaian sebelum dicuci, yang bisa diterapkan para moms.

Memisahkan pakaian berdasarkan warna
Saran untuk memisahkan pakaian sebelum mencuci yang pertama yakni bisa dibedakan berdasarkan warnanya. Caranya yakni bisa diterapkan teknik pemisahan dari jenis yang dibedakan menjadi beberapa kelompok seperti pakaian berwarna gelap serta kain yang menggunakan teknik celup seperti batik, pakaian berwarna cerah serta pakaian yang berwarna putih. Hal ini bertujuan agar terhindar dari noda luntur.

2. Pisahkan berdasarkan jenis kotoran yang menempel
Ada berbagai jenis noda kotoran yang menempel pada pakaian dan noda tersebut memerlukan perlakuan yang berbeda untuk mencucinya. Noda yang biasanya sulit untuk dicuci dan berbeda perlakuan pencucian yakni noda lumpur dengan noda minyak. Maka dari itu disarankan agar memisahkan pakaian yang ingin dicuci berdasarkan noda pada pakaian tersebut. Hal ini bertujuan agar pengangkatan noda bisa dilakukan secara maksimal.

3. Pilah berdasarkan ukuran serta jenis bahan yang digunakan
Selain memisahkan jenis pakaian berdasarkan warna perlu juga diperhatikan jenis kain yang digunakan serta ukuran dari pakaian tersebut. Susun pakaian dalam mesin cuci dari mulai pakaian yang kecil seperti baju anak sampai ke ukuran yang lebih besar sehingga kinerja yang dikeluarkan oleh mesin lebih optimal serta meminimalisir kusut pada pakaian bahkan sampai kerusakan pada jenis-jenis kain tertentu.

4. Gunakan bantuan kantung laundry
Untuk Moms yang ingin mencuci beberapa pakaian yang menggunakan bahan lentur atau pakaian yang memiliki aksen manik-manik seperti brukat dalam sekali proses pencucian bisa memanfaatkan bantuan kantung laundry untuk pemisahan. Hal ini juga bisa diterapkan untuk mencuci perlengkapan ibadah menyambut bulan suci ramadhan seperti mukena dan sajadah. Penggunaan kantung laundry pada pakaian tertentu selain mencegah kerusakan pada pakaian juga mencegah kerusakan pada mesin cuci, hal ini disebabkan aksen manik-manik khawatir tersangkut pada mesin ketika proses pencucian berlangsung.

5. Cek informasi pada label pakaian
Hal yang biasanya luput dari perhatian yakni lupa mengecek informasi pada label pakaian. Biasanya dalam pakaian terdapat label berisi informasi yang menerangkan tentang pakaian tersebut. Informasi yang tertera pada label pakaian umumnya cukup lengkap dari mulai jenis kain yang digunakan hingga rekomendasi cara memperlakukan pakaian tersebut dari mulai mencuci hingga perawatannya. Dengan perawatan serta metode yang tepat maka pencucian bisa menjadi maksimal serta pakaian jadi lebih awet.

Untuk para Moms agar tidak perlu lagi repot-repot memilah pakaian sebelum dicuci dan menginginkan teknik yang optimal dalam mencuci pakaian, bisa memilih produk mesin cuci Polytron tipe front loading 51 series.

Salah satu keunggulan mesin cuci ini yakni dapat mencuci segala jenis pakaian sesuai tipe serta karakter jenis kain yang digunakan. Moms sudah tidak perlu bingung lagi memilah pakaian mana yang cocok atau tidak karena lewat fitur Suitable for any materials yang hebat ini terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dan disesuaikan mengikuti jenis pakaian yang ingin dicuci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)