Jaga Kelestarian Bumi, Begini Cara Terapkan Sustainable Fashion di Rumah

Sabtu, 25 Maret 2023 - 23:59 WIB
loading...
Jaga Kelestarian Bumi, Begini Cara Terapkan Sustainable Fashion di Rumah
Konsep fashion yang juga dikenal sebagai pakaian ramah lingkungan ini melahirkan gaya hidup baru di kalangan anak muda. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Sustainable fashion atau fashion berkelanjutan kini mulai menjadi tren di kota-kota besar. Konsep fashion yang juga dikenal sebagai pakaian ramah lingkungan ini melahirkan gaya hidup baru di kalangan anak muda.

Para desainer fashion pun makin sadar dalam mengikuti tren sustainable fashion ini. Apalagi industri fashion menjadi salah satu penyumbang polusi terbesar pada lingkungan.

Dengan kondisi tersebut, sustainable fashion muncul sebagai solusi dan cara untuk menjaga kelestarian bumi.



Lalu, yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menerapkan fashion ramah lingkungan atau sustainable fashion? Berikut ulasannya.

1. Menguasai Seni


Desainer fesyen, Isabella Indrasasana menyebutkan, cara pertama yang bisa dilakukan masyarakat untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan serta memperpanjang siklus hidup pakaian adalah dengan menguasai seni.

"Cara pertama adalah dengan menguasai seni memperbaiki dan meningkatkan siklus hidup," ujar Isabella.

Dalam hal ini, Isabella menyinggung bagaimana masyarakat cenderung langsung membuang pakaian jika menemukan ketidaksempurnaan seperti robek, noda atau tanda-tanda terlalu sering digunakan dalam pakaiannya.

"Padahal ketika kita dapat melihat peluang dalam ketidaksempurnaan, kita akan dapat mengubah cacat tersebut menjadi sesuatu yang baru dan unik," kata dia.

2. Membeli Barang Second atau Preloved


Berburu baju preloved atau baju bekas bisa jadi pilihan untuk menerapkan gaya hidup sustainable fashion. Jadi sebaiknya kalau mau beli baju bisa datang ke thrift shop karena kalau pintar memilih, Anda bisa menemukan item fashion yang masih berkualitas.

3. Tidak Terlalu Sering Mencuci Pakaian


Setiap baju tentu memiliki perawatan pencucian, Isabella mengatakan hal itu harus diperhatikan agar baju bisa tetap awet dan tahan lama.

Sementara, desainer Stella McCartney menyarankan saat mencuci pakaian menggunakan deterjen cair. "Detergen bubuk menciptakan gesekan di baju selama dicuci, sehingga makin banyak serat terlepas, sedangkan detergen cair lebih lembut. Lebih sedikit gesekan, lebih sedikit serat terlepas," jelas Stella McCartney, seperti dikutip The Mirror.

4. Membeli Pakaian yang Berkualitas


Hal yang tak kalah penting adalah membeli pakaian yang berkualitas. Dengan membeli pakaian berkualitas dan tahan lama bisa memperpanjang masa pakaian itu sendiri, sehingga pakaian tersebut bisa dipakai dalam waktu yang lama. Harper's Bazaar menyarankan untuk memakai pakaian sebanyak 30 kali.


5. Belajar Memperbaiki Pakaian Sendiri


Ada kalanya, pakaian yang kita gunakan mengalami kerusakan seperti sobek atau kancing lepas. Sebaiknya Anda memperbaiki sendiri pakaian yang rusak itu. Bila Anda tidak bisa menjahit jangan khawatir, sebab kini banyak tutorial yang menjahit yang bisa dipelajari di media sosial.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)