Mendulang Omzet dan Laba Terbanyak, Ini Marketplace Favorite Seller selama Ramadan

Senin, 27 Maret 2023 - 09:00 WIB
loading...
Mendulang Omzet dan Laba Terbanyak, Ini Marketplace Favorite Seller selama Ramadan
Ilustrasi Belanja Online (Foto: dok. Freepik)
A A A
JAKARTA - Seperti sudah menjadi tradisi, sepanjang bulan Suci Ramadan 2023 kebutuhan orang untuk belanja meningkat berlipat-lipat dibanding bulan-bulan yang lain. Ini termasuk belanja online yang semakin hari semakin meningkat.

Para pembeli online tentunya mengandalkan platform marketplace paling lengkap, murah, dan mudah untuk berbelanja, demikian pula para seller akan memilih marketplace yang membantu mengembangkan bisnisnya, meningkatkan omzet serta memberi laba lebih banyak.

Survei terbaru Ipsos, perusahaan riset pasar terkemuka global, menyebutkan tiga manfaat utama yang paling dirasakan oleh para online seller ketika menggunakan platform marketplace adalah membantu meningkatkan omzet penjualan (84 persen), memperluas jangkauan pasar (72 persen), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69 persen).

Banyak inovasi yang dihadirkan oleh platform marketplace saling berkesinambungan untuk membantu seller dalam mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan, serta merasakan manfaat yang maksimal.

Dari hasil survey terbaru Ipsos, Shopee (65 persen) diasosiasikan sebagai marketplace yang paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis para online seller, berada di atas Tokopedia (16 persen), TikTok Shop (9 persen), serta Lazada (6 persen).

Lebih dari itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59 persen) juga menjadi marketplace di urutan pertama yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online seller, diikuti oleh Tokopedia (20 persen) di urutan kedua, dan TikTok Shop (8 persen), dan Lazada (7 persen).

Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia Andi Sukma mengatakan, hadirnya marketplace membuat belanja online menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Mendulang Omzet dan Laba Terbanyak, Ini Marketplace Favorite Seller selama Ramadan


“Seiring dengan kebutuhan ini, munculah para pelaku usaha yang mencoba untuk menjawab tingginya minat belanja online pembeli dengan mengandalkan marketplace sebagai platform berjualan mereka, yang akhirnya memberikan keuntungan bisnis bagi mereka,” tuturnya.

Ia melanjutkan, melalui survei ini, kami juga ingin mengidentifikasi brand/merek platform marketplace mana yang menjadi pilihan utama penjual dalam memasarkan produk mereka serta faktor-faktor apa saja yang menentukan pilihan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)