3 Budaya Malaysia yang Berbanding Terbalik dengan Indonesia

Senin, 27 Maret 2023 - 22:27 WIB
loading...
3 Budaya Malaysia yang Berbanding Terbalik dengan Indonesia
Budaya Malaysia, seperti halnya Indonesia, amat beragam. Meski demikian, ternyata banyak budaya di negara tetangga tersebut yang cukup berbanding terbalik dengan Indonesia. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Budaya Malaysia, seperti halnya Indonesia, amat beragam. Meski demikian, ternyata banyak budaya di negara tetangga tersebut yang cukup berbanding terbalik dengan Indonesia.

Meski memiliki beberapa kesamaan budaya, namun faktanya ada budaya Malaysia yang berbanding terbalik dengan Indonesia. Apa saja itu? Berikut di antaranya, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (27/3/2023).

1. Bahasa Melayu

Seperti diketahui, bahasa Melayu merupakan bahasa kebangsaan Malaysia. Hal ini justru berbanding terbalik dengan Indonesia yang menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa daerah.



Beberapa wilayah di Indonesia menggunakan beragam varian bahasa Melayu dan semua mengakui bahwa bahasa yang digunakan di Provinsi Riau dan anggar-anggarnya yaitu bahasa Melayu standar (atau bahasa Melayu tinggi, bahasa Melayu piawai).

Sementara, Malaysia tak hanya menggunakan bahasa Melayu sebagai salah satu bahasa kebangsaan. Pada 2022, negara ini juga mengusulkan kepada para pemimpin negara-negara Asia Tenggara untuk menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN.

2. Batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya asal Indonesia. Namun, perseteruan klaim asal-usul batik hingga saat ini menjadi polemik antara Indonesia dan Malaysia. Padahal, keduanya memiliki warisan budaya jenis batik yang berbeda.

Batik Indonesia memiliki beragam motif, salah satunya motif batik Jepara yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu motif lama dan motif baru. Motif lama mempunyai pola dengan warna lung hitam, gajah cokelat, flora dan fauna, serta daun ulir hijau. Sedangkan motif baru merupakan batik tulis yang beragam.

Batik Jepara dikenal juga sebagai batik Kartini yang mana batik ini ditemukan di Kota Jepara. Batik-batik Indonesia memiliki motif yang tidak sama. Setiap daerah memiliki motif serta pesan yang berbeda.



Sedangkan Malaysia memiliki batik yang berdasar polos berwarna menyala dengan motif daun atau bunga yang besar. Batik Malaysia banyak dipengaruhi oleh alam sekitar. Motif-motif itu dihasilkan karena kepekaan masyarakat tradisional terhadap lingkungan.

3. Kultur Muslim

Meski sama-sama merupakan negara dengan mayoritas penduduk muslim, ternyata kultur atau budaya muslim di Malaysia cukup bertolak belakang dengan Indonesia. Salah satunya terkait toleransi antarumat beragama.

Bahkan, hal tersebut juga telah dibuktikan oleh beberapa lembaga survei di Indonesia, bahwa mayoritas umat muslim di Indonesia masih memiliki toleransi dan pandangan positif terhadap umat non-muslim.

Hal ini bertolak belakang dengan umat muslim di Malaysia yang sikap toleransinya lebih cenderung rendah terhadap beberapa agama, bahkan budaya asing. Salah satunya terlihat dari aturan ketat untuk syarat gelaran konser musik musisi luar negeri, di mana para musisi pria tidak diperbolehkan tampil layaknya wanita, dan musisi wanita tidak boleh berpakaian terbuka.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)