7 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Nomor Terakhir Bikin Tubuh Tetap Bugar

Selasa, 28 Maret 2023 - 08:56 WIB
loading...
7 Cara Menahan Lapar saat Puasa, Nomor Terakhir Bikin Tubuh Tetap Bugar
Cara menahan lapar saat puasa sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin dianjurkan, baik dari segi medis maupun secara agama. Foto/Ilustrasi/Pexels
A A A
JAKARTA - Cara menahan lapar saat puasa sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin dianjurkan, baik dari segi medis maupun secara agama.

Sebagaimana diketahui, ketika berpuasa, ada waktu-waktu tertentu perut mulai terasa lapar. Perasaan lapar ini merupakan suatu hal yang wajar.

Sebenarnya rasa lapar itu hanyalah bersifat sementara, dan hanya akan berlangsung sekitar 20 menit. Namun kebanyakan orang tidak menyadari hal ini, karena mereka tidak membiarkan rasa lapar bertahan hadir cukup lama.

Fase awal puasa jelas merupakan yang paling menantang karena 'nafsu makan' Anda akan terus mendorong untuk makan, dan rasa lapar yang sebenarnya kemudian membuat tubuh terbiasa.



Tetapi Anda bisa mencoba 7 cara menahan rasa lapar berikut ini, agar puasa Anda berjalan lancar.

1. Sahur

Jangan sembarangan sahur, penting untuk Anda untuk memilih menu makan yang tepat sebagai energi cadangan selama seharian berpuasa.

Salah satunya adalah makanan berserat. Hal ini dikarenakan, tubuh perlu mencerna serat lebih lama daripada jenis makanan lainnya. Nah, proses pencernaan yang lebih lama ini yang memberi efek kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, coba perbanyak sayur dan buah saat sahur supaya tubuh merasa kenyang lebih lama.

2. Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat dan Tinggi Lemak

Saat berpuasa sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan berkualitas tinggi, rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan protein sedang pada jendela puasa. Hal tersebut akan menstabilkan gula darah, meningkatkan rasa kenyang, dan membuat puasa berjalan lebih lancar.

3. Hidrasi Tubuh dengan Baik

Tubuh membutuhkan air sekitar 2 liter sehari. Minum air dalam jumlah yang tepat sangat penting agar tubuh kita berfungsi dengan baik. Saat kita mengalami dehidrasi, kita cenderung merasa kurang energi, lelah dan lapar.

Penuhi kebutuhan cairan Anda diantara jendela puasa, agar terhindar dari rasa lapar tetapi juga membantu tubuh tetap terhidrasi dan merasa baik.

4. Pola Pikir

Pola pikir sangat penting ketika menjalankan puasa. Jika Anda terus-menerus memikirkan fakta bahwa Anda belum makan selama berjam-jam, atau tentang seberapa lapar Anda, tentu saja Anda akan merasa lapar!

Pikiran kita adalah organ paling kuat. Alih-alih berpikir tentang “merasa lapar”, ganti pikiran itu dengan kata-kata dan proses lain yang terjadi di dalam tubuh Anda, sehat, kehilangan lemak, bersih, dan pikiran positif lainnya.

5. Bantu dengan Vitamin

Selama menjalankan ibadah puasa, selain mendapatkan vitamin dari sumber-sumber alami, tak ada salahnya jika Anda juga menyiapkan vitamin, seperti vitamin B12 dan C.

Kedua vitamin ini akan membantu memperkuat daya tahan tubuh sekaligus sebagai penambah energi.

6. Menyibukkan Diri

Sibukkan diri Anda dengan aktivitas yang disuka. Misalnya, membersihkan rumah dan mengatur barang-barang, atau bisa membaca buku, menonton film atau series, merajut, dan bisa juga mendengarkan musik

Melakukan suatu aktivitas yang bertujuan terasa sangat bermanfaat, dan membuat Anda tetap termotivasi untuk tetap menjalankan jadwal puasa.

7. Tidur yang Cukup

Saat berpuasa, kita diharuskan bangun lebih awal dan melanjutkan rutinitas sehari-hari seperti bekerja, atau pergi ke kampus di pagi hari.

Sehingga penting sekali, untuk mengatur jam tidur Anda supaya mendapatkan waktu tidur yang cukup membuat tubuh tetap bugar. Selain itu juga metabolisme tubuh menjadi tahan lapar lebih lama.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)