Fakta Menarik Pantai Tanjung Kelayang di Belitung

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:06 WIB
loading...
Fakta Menarik Pantai Tanjung Kelayang di Belitung
Pantai Tanjung Kelayang, salah satu pantai terbaik di tanah Belitung. Foto/MNC Media
A A A
BELITUNG - Salah satu keuntungan sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai beragam wisata dengan keunikannya masing-masing. Salah satu wisata terbaik unggulan di tanah Belitung ini adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini berada di Kecamatan Sijuk dan berjarak 27 kilometer dari Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung. Berikut fakta menarik Pantai Tanjung Kelayang.

1. Latar produksi film Laskar Pelangi
Eksotisme dan pesona pulau ini semakin disorot karena merupakan latar produksi pada film Laskar Pelangi di tahun 2015 lalu. Keuntungannya, dengan munculnya latar ini di layar kaca, antusiasme wisatawan pun semakin meluas. Oleh karena itu, Tanjung Kelayang pun tidak luput dari daftar perjalanan para petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri, atau dari mancanegara.



2. Destinasi wisata prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)
Sejak 2015 pantai Tanjung Kelayang termasuk dalam program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas oleh pemerintah. Selain itu, pada 14 Maret 2019 lalu, pantai Tanjung Kelayang pun ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2016.

Tanjung Kelayang dipilih karena memiliki keunggulan di sisi geostrategis, yaitu terletak di antara Indonesia dan negara ASEAN. Pengembangan KEK Tanjung Kelayang dilakukan dengan konsep "Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation”.

3. Gugusan batu granit raksasa menyerupai kepala burung garuda
Pantai ini memiliki banyak batu granit raksasa yang bertebaran di sekitarnya Tumpukkan batu tersebut membentuk kepala burung. Konon, bebatuan granit tersebut diketahui sudah berusia 65 hingga 200 juta tahun yang lalu. Menariknya lagi, penamaan Kelayang sendiri merupakan sebutan dari warga lokal untuk burung walet yang umum ditemukan di sana.

4. Aktivitas menarik yang wajib dicoba
Saat berkunjung ke pantai ini, Anda bisa mencoba beragam aktivitas laut maupun darat. Kalau ingin menikmati pesona bawah lautnya, Anda bisa snorkeling ataupun diving. Butuh aktivitas yang memacu adrenalin? Anda bisa mencoba watersport seperti ski.



Bagi Anda yang penasaran dan ingin merasakan sensasi kemegahan Pantai Tanjung Kelayang, Anda bisa merencanakan perjalanannya dari sekarang bersama Mister Aladin. Dapatkan diskon 50% untuk beragam paket tur di Indonesia, salah satunya adalah tur ke Tanjung Kelayang itu sendiri. Informasi lengkap mengenai promo ini dapat diakses melalui halaman berikut
https://www.misteraladin.com/promotions/tamasyagaya .
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2312 seconds (0.1#10.140)