Waktu yang Tepat Berhubungan Suami Istri saat Ramadan, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Kandungan

Selasa, 28 Maret 2023 - 23:55 WIB
loading...
Waktu yang Tepat Berhubungan Suami Istri saat Ramadan, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Kandungan
Bagi pasangan suami istri, aktivitas berhubungan badan merupakan hal yang normal. Namun, ketika bulan Ramadan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Bagi pasangan suami istri, aktivitas berhubungan badan merupakan hal yang normal dilakukan bahkan termasuk dalam ibadah. Namun, ketika bulan Ramadan , ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Sintha Utami, Sp.OG, MARS mengatakan pada dasarnya, hubungan seks antara suami istri saat bulan Ramadan sah-sah saja dilakukan. Namun harus dilakukan di waktu yang tepat.

"Waktu terbaik dan aman untuk melakukan hubungan suami istri yaitu mulai dari waktu setelah berbuka puasa hingga sebelum fajar subuh tiba," kata dr. Sintha dihubungi, Ahad (26/3/2023).

Dokter obgyn yang berpraktek di RS Bunda Margonda Depok ini menambahkan, dalam rentang waktu tersebut, hubungan intim suami istri boleh dilakukan karena tidak termasuk dalam waktu puasa. Sehingga suami istri dapat memanfaatkan rentang waktu itu.



Sementara bagi ibu hamil (bumil), dr. Sintha menyarankan waktu yang tepat adalah memasuki trimester ke-2. Antara 14 - 28 minggu, dan setelah 36 minggu. Menurutnya, trimester ke-1 belum terbentuk plasenta, dan janin belum kuat.

Karena itu, apabila melakukan hubungan seks dapat menyebabkan kontraksi rahim. Hal ini dikahwatirkan dapat menyebabkan perdarahan dan apabila berat dapat menyebabkan keguguran.

"Selain itu pada bumil trimester ke-1, bumil masih mual, muntah, nggak nyaman, sehingga secara fisik juga lebih lemah," jelas dr. Sintha.

Untuk usia trimester ke-3 di bawah 36 minggu juga tidak dianjurkan berhubungan seks. Pasalnya, saat sperma yang dikeluarkan itu mengandung zat prostaglandin, dapat menyebabkan kontraksi rahim.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)